Diduga ada Rekayasa Soal DD dan ADD, Kepala Desa Lampeong II “Digempur” Warga

oleh -65 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Slogan “Adili Kades Kami” di Desa Lampeong II, Kecamatan Gunung Purei, Kabupaten Barito Utara (Barut) ramai diteriakkan oleh masyarakat setempat, slogan tersebut berawal dari kekecewaan masyarakat terhadap Kepala Desa Lampeong II yang diduga melakukan tindak pidana korupsi, untuk menutupi tindakannya, Kepala Desa (Kades) diduga merekayasa angka nominal penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2017.

Tokoh masyarakat Desa Lampeong II, Agus Sri Mulyawan mengatakan, bahwa masyarakat telah melaporkan kasus tersebut ke pihak yang berwenang, hal ini dilakukan sebagai realisasi dari slogan “Adili Kades Kami”, dan sebagai penggugah hati nurani Kades agar menyadari dan mengakui kesalahannya.

“Kasus ini sudah dilapor, semua bukti sudah kami serahkan, tinggal kita tunggu hasilnya, kami percaya sepenuhnya kepada pihak yang berwenang terkait penanganan kasus ini,” kata Agus, kepada tewenews.com.

Tokoh masyarakat lain, Ikhramsyah menambahkan, pihaknya telah menyampaikan permohonan kepada Bupati Barito Utara agar menonaktifkan Kades Lampeong II yang diduga kuat telah melakukan tindak pidana korupsi dan penyalahgunaan wewenang.

“Surat permohonan penonaktifan sudah kita sampaikan, dan semoga segera terealisasi,” tegas Ikhram.

Sementara itu, Kepala Desa Lampeong II, Sutnadi, membantah keras jika dirinya melakukan tipikor sebagaimana dugaan sekelompok masyarakat, menurut Sutnadi, dirinya telah bekerja secara profesional, tidak ada penyelewengan.

“SPJ sudah diversifikasi, karena bangunan fisik telah selesai, dan tidak ada temuan disana oleh inspektorat, korupsinya dimana???,”bantah Sutnadi.

Sutnadi juga menyesalkan mengapa oknum – oknum perangkat Desa Lampeong II mudah terprovokasi oleh sekelompok masyarakat yang punya kepentingan, dan dalam ini, Sutnasi merasa dirinya telah di kriminalisasi.(Taufik / Tim)