Dikeluhkan Warga, DPRD Barut akan Cek Jalan Kandui-Montallat

oleh -22 views

TEWENEWS, Barito Utara – Adanya keluhan masyarakat terkait ruas jalan yang menghubungkan Ibukota Kecamatan Gunung Timang Kandui dan Kelurahan Tumpung Laung, Kecamatan Montallat (jalan Kandui-Montallat) yang rusak, DPRD Barito Utara akan cek lapangan.

Seperti diketahui, ada sejumlah titik di ruas jalan tersebut yang mengalami kerusakan parah dan berlumpur, terlebih disaat musim penghujan seperti saat ini yang sangat berimbas terhadap kelancaran transportasi masyarakat.

Menanggapi keluhan masyarakat, Ketua Komisi III DPRD Barito Utara, H Tajeri mengatakan, bahwa pihaknya akan turun langsung untuk mengecek ke lapangan terkait informasi kerusakan jalan di jalur Kandui-Tumpung Laung Kecamatan Montallat tersebut.

Menurutnya, dewan memang banyaknya mendapat laporan dari warga mengenai kerusakan jalan, bukan saja di jalan Kandui menuju Montallat, tetapi juga dibeberapa ruas jalan lainnya.

Hal ini kata dia disebabkan kendaraan yang melalui jalan tersebut melebihi tonase, dan ini sangat berdampak pada kerusakaan jalan.

“Kita berharap selain melakukan perbaikan juga dilakukan pengawasan lebih ketat, agar bisa mengurangi kerusakan,” kata Tajeri, Rabu (9/3/2022).

Adapun untuk perbaikan, Tajeri menjelaskan, apakah nantinya menggunakan dana UPR atau darurat Dinas PUPR Kabupaten Barito Utara, karena masalah kerusakaan ini menjadi keluhan masyarakat pengguna jalan. Akses jalan merupakan salah satu penunjang bagi perekonomian masyarakat di daerah setempat.

“Hal ini sangat perlu dilakukan bersama dinas terkait guna melakukan penanganan secepatnya, agar tidak terjadi kerusakan lebih parah lagi. Apalagi jalan tersebut menuju Kecamatan yang notabene beberapa desa yang dilalui,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas PUPR Barito Utara M Iman Topik mengatakan bahwa pihaknya selalu siap menerima laporan dan informasi yang disampaikan oleh warga masyarakat maupun pihak pemerintah desa terkait adanya beberapa kerusakan sarana dan prasarana infra struktur diwilayah masing-masing, yang selanjutnya informasi yang disampaikan tersebut menjadi bahan tindaklanjut bersama tim teknis.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh wakil-wakil rakyat dalam merespon cepat dan tanggap serta solusi penangganan atas adanya beberapa kerusakan infra struktur yang mengedepankan sinergitas, komunikasi, koordinasi dan integrasi,” kata Kadis PUPR M Iman Topik, Rabu (9/3).

Selain itu Topik juga menyampaikan ucapan terimakasih juga kepada para perusahaan pembangunan infra struktur diwilayah desa, kelurahan maupun kecamatan melalui kebijakan CSR maupun bantuan-bantuan lainnya sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

“Diharapkan bantuan yang telah diberikan dapat menjadi stimulan ataupun meringankan beban anggaran Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam melaksanakan berbagai pembangunan infra struktur di wilayah ini,” pungkasnya.

(AP/Tim)