Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kapuas, Gelar Sosialisasi

oleh -59 views

TEWENEWS – Kapuas – Bidang Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kapuas, Kamis (5/9/2019) menggelar Sosialisasi di Aula Kelurahan Barimba, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas.

Dalam acara ini disampaikan materi tentang Kebijakan Pengawasan Keamanan dan Mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) dan resiko dan dampak berbagai cemaran dan zat tambahan pada pangan segar asal timbuhan.

Sementara itu, ditemui disela kegiatan Yonathan, S.Pt, selaku PPL Kelurahan Barimba menyampaikan harapan agar kiranya para peserta sosialisasi dapat menyebarluaskan atau menginformasikan kepada masyarakat di lingkungannya masing-masing.

Baca Juga :   Sasar Para Tokoh, Personel Marnit Pendulangan Beserta Babinsa lakukan ini

” Selain hal tersebut, juga diperlukan kerjasama antar senua pihak, terutama petani, produsen pangan, pedagang dan pemerintah untuk menjamin tersedianya pangan segar yang aman untuk dikonsumsi agar masyarakat terhindar dari cemaran mikroba maupun kimia.” ujar Yonathan.

Sosialisasi ini dibuka secara langsung oleh Plt. Kepala Dinas Ketahanab Pangan Kabupaten Kapuas, Drs. H. Masrani. Dalam sambutannya, Masrani yang juga menjabat sebagai Assisten Perekonomian dan Pembangunan Pemda Kapuas menyampaikan Keamanan pangan adalah hal yang sangat penting.

Baca Juga :   Kapolres Seruyan hadiri Grand Launching Aplikasi Saber Pungli UPP Provinsi Kalteng dan Pencanangan Kabupaten Kotawaringin Barat sebagai Kota Bebas dari Pungli

” Pangan yang bermutu dan aman yang dihasilkan oleh rumah tangga maupun industri pangan adalah salah satu faktor penentu beredarnya pangan yang memenuhi standar mutu dan keamanan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Penanganan keamanan pangan diarahkan untuk menjamin tersedianya pangan segar yang aman untuk dikonsumsi agar mayarakat terhindar dari zat-zat yang membahayakan kesehatan.

Baca Juga :   Bukit Rawi Banjir, Meski Sabar Asal Sampai Ke Tujuan

Hadir dalam acara tersebut, hadir juga perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Perangkat Kelurahan Barimba, Pengurus RT Se Kelurahan Barimba. Sedangkan pesertanya terdiri dari unsur ibu-ibu PKK, Kelompok Tani Wanita dan Kelompok Tani se Kelurahan Barimba.(J.A.)