Dinas Pertanian Bartim Akan Kembangkan Budidaya Padi Rawa

oleh -26 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Dinas Pertanian kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), akan kembangkan budidaya padi rawa yang ditawarkan oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI).

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Bartim Riza Rahmadi “Khusus provinsi Kalimantan Tengah ditawarkan bantuan pengembangan padi rawa seluas 15 Ribu hektar oleh Menteri Pertanian”, ucapnya di Tamiang Layang, Rabu (15/04/2020).

Menurutnya, tawaran pengembangan padi rawa tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melalui video conference kemaren.

“Tentu saja kita menyambut baik tawaran untuk pengembangan padi rawa tersebut, saat ini kami sedang melakukan pendataan Calon Petani dan Calon Lahan (CPCL), terkai rencana pengembangan padi rawa tersebut”, ungkapnya.

Mudah – mudahan tawaran dari Menteri Pertanian tersebut Bartim bisa berkontribusi sebagiannya, dari tawaran 15 Ribu hektar untuk Kalteng dan pelaksanaanya di tahun 2020.

“Lahan kita di Bartim ada yang rawa, lahan kering dan irigasi teknis. Semoga ada beberapa kelompok tani yang bersedia dan bisa kita tindaklanjuti tawaran tersebut”, jelas Riza.

Ada beberapa rawa yang nanti kita coba kembangkan, mungkin di daerah kecamatan Pematang Karau, Dusun Tengah, ada sebagian juga di kecamatan Karusen Janang, karena daerah tersebut merupakan daerah rawa yang memang potensial untuk kita kembangkan, pungkasnya. (Ahmad Fahrizali).