Hubungi Kami

GUNUNG TIMANG

Dinas Pertanian Bartim Anjangsana Ke BUMDes Desa Pangkan

Published

on

TEWENEWS, Tamiang Layang – Dinas Pertanian Kabupaten Bartim, berkesempatan melaksanaka anjangsana ke salah satu peternakan itik petelur salah satu unit usaha BUMDes Desa Pangkan, Kecamatan Paku, Kabupaten Bartim, Sabtu, (9/3/2019).

BUMDes Desa Pangkan juga bekerja sama dengan karang taruna Desa Pangkan. Potensi peternakan itik petelur dalam rangka pemenuhan protein hewani di kabupaten Barito Timur, Kalteng sangat luar biasa. Salah satunya di Desa Pangkan, yang terletak di Kecamatan Paku, Kabupaten Bartim.

Dinas Pertanian Bartim, selalu berusaha mendampingi para pelaku utama (peternak) dan pelaku usaha agar dengan kegiatan pendampingan ini mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat di kabupaten Barito Timur, melalui sektor peternakan.

Diharapkan kegiatan ini juga bermanfaat dalam memberikan nilai lebih, sehingga dapat menambah income keluarga dan meningkatkan taraf hidup khususnya dalam bidang ekonomi pemuda.

Mereka karang taruna Desa Pangkan, pada saat berdiskusi dengan PPL Dinas Pertanian Bartim, berkeinginan menyiapkan diri sebagai wirausaha muda dengan usaha sederhana dan memberikan pengalaman baru bagi mereka.

Selain itu, peluang usaha budidaya itik berkaitan dengan jumlah konsumen yang meningkat, sejalan dengan peningkatan jumlah penduduk. Muncul animo pengurus melakukan sesuatu yang baru (kreatif) dan berbeda (inovatif).

Saat ini peluang meningkatkan daya jual terbuka dengan animo masyarakat yang banyak mencari dan membutuhkan telur itik tidak hanya untuk dijual namun juga dapat dijadikan konsumsi keluarga.

Baca Juga :   Polisi Terus Selidiki Temuan Kerangka Manusia di Jalan Plores Barut

Salah satu contoh peluangnya yakni sebagai bahan baku martabak dan terang bulan yang digemari oleh masyarakat Bartim.

Usaha budidaya itik salah satu usaha yang diminati di Desa pangkan. Lokasi desa berada di daerah dekat sungai paku, sehingga sangat potensial budidaya itik petelur.

Ditambahkannya, selain itu, kebutuhan masyarakat telur juga sangat tinggi, dengan berbagai olahannya sebagai alternative terbaik untuk memenuhi pangan. Merespon keinginan pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Desa pangkan yang ingin menjadi wirausaha muda dengan beternak itik.

Melalui sosialisasi program, Pelatihan Manajemen Kepemimpinan Pemuda baik berupa teori mengelola organisasi dan sekaligus praktek, Pelatihan Pengelolaan Budidaya Itik diharapkan mampu meningkatkan produksi dan produktivitas ternak .

Pelatihan juga memberikan keterampilan bagaimana mengolah pakan ternak itik dengan limbah , bertujuan melahirkan wirausaha muda yang siap mandiri dan mewujudkan organisasi pemuda Karang Taruna miliki manajemen organisasi professional, dilakukan menggunakan metode pelatihan, praktik pendampingan dan demonstrasi percontohan.

Tujuan lain pendampingan PPL dari Dinas Pertanian Bartim, membentuk dan mengembangkan mitra di Desa Pangkan untuk bisa mandiri secara ekonomi. Itu bersinergi fungsi ekonomi organisasi Karang Taruna sebagai sarana pembinaan dan pemberdayaan untuk kesejahteraan sosial ekonomi dengan pendampingan dari PPL dinas pertanian kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah (DPB/TWN5)

 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian