Dinas Pertanian Bartim Gelar Sosialisasi e-RDKK

oleh -52 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Bidang sarana dan prasarana pertanian (PSP) Dinas Pertanian Kabupaten Bartim Kalteng menggelar sosialisasi pengisian e-RDKK secara on line yang dibangun oleh kementerian pertanian, penyusunan kebutuhan pupuk dan pendampingan penyaluran pupuk pestisida tahun 2019 di BPP Kecamatan Awang Selasa (21/5/2019).

Sosialisasi dan simulasi pengisian elektronik-RDKK pupuk bersubsidi di wilayah kecamatan Awang yang dilaksanakan di balai penyuluhan pertanian Kecamatan Awang bersama jajaran penyuluh pertanian, dinas pertanian kabupaten Barito Timur Kaltrng dan kelompok tani.

Sosialisasi tersebut diikuti oleh seluruh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) wilayah kecamatan Awang dan Petani .

Dalam kesempatan terpisah Ir. Riza Rahmadi ,MM, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur Kalteng mengatakan sosialisasi bertujuan untuk penyusunan kebutuhan pupuk dan pendampingan penyaluran pupuk pestisida.

Alokasi pupuk bersubsidi ini disiapkan hampir di seluruh wilayah kabupaten Barito Timur. “Jadi, petani atau kelompok tani (Poktan) bisa memperoleh pupuk bersubsidi ini, apabila petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) menyiapkan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK), oleh karena itu PPL harus memfasilitasi penyusunan RDKK .

RDKK adalah rencana kebutuhan Pupuk Bersubsidi untuk jangka waktu satu tahun yang disusun berdasarkan musyawarah poktan atau penyalur sarana produksi pertanian.

“RDKK ini berupa web base dengan tambahan atribut antara lain berupa nomor induk kependudukan. Alokasi upuk bersubsidi ini untuk sektor pertanian ditetapkan dengan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan dan diperuntukkan bagi petani yang telah bergabung dalam kelompok tani dan telah menyusun RDKK tersebut serta khususnya untuk e-RDKK harus ada data nama ibu kandung ” papar Ir. Riza Rahmadi, MM.

Dirinya menambahkan, pupuk bersubsidi ini juga disalurkan kepada Petani yang melakukan usaha tani sub-sektor tanaman pangan, sub-sektor perkebunan, sub-sektor Hortikultura dan sub-sektor Peternakan

Kepala dinas pertanian kabupaten Barito Timur berharap, semoga dengan adanya terobosan seperti ini mampu menjembatani petani dalam mengakses pupuk bersubsidi diwilayah kabupaten Barito Timur.

“Dan semoga dengan adanya sosialisasi seperti ini hasil produksi petani juga diharapkan lebih meningkat lagi dari sebelumnya,” pungkasnya.(TWN5)