Dinas Pertanian Bartim Kembangkan Padi Gogo

oleh -60 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Pemerintah kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, melalui Dinas Pertanian terus pacu pengembangan padi Gunung atau padi Gogo yang merupakan padi dilahan kering.

Mengawali kegiatan musim tanam tahun ini telah dilakukan penanaman padi Gogo di desa Murutuwu kecamatan Paju Epat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bartim Ir. Riza Rahmadi, MM menyebutkan “Tahun ini Bartim kembali menargetkan penanaman padi Gogo atau padi di lahan kering, selain padi sawah atau lahan basah”, ucapnya, Senin (23/3/2020).

Menurutnya, padi Gogo atau padi gunung kita kembangkan dan budidayakan sebagai upaya untuk mendukung percepatan pencapaian luas tambah tanam.

Selain itu, padi lahan kering ini sangat potensial dikembangkan, sebab kecamatan Paju Epat memiliki kawasan yang besar untuk komoditi padi gunung jenis ini, misalnya seperti padi lungkung, genjah lampung.

Pengembangan padi Gogo ini dilakukan untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan kering dan perbukitan yang selama ini belum begitu diperhatikan potensinya, jelas Riza.

Progres kedepannya untuk pemanfaatan lahan kering di kecamatan Paju Epat pemerintah daerah melalui kebijakan kepala daerah yakni Bupati mendukung program budidaya tanaman pangan seperti padi Gogo, apalagi Bartim sebagai kawasan penyangga pangan Ibu Kota Negara (IKN).

Pertanian sudah menjadi prioritas Bupati Bartim dalam upaya memenuhi kebutuhan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Semoga dengan adanya gerakan tanam padi gunung dan pendampingan dari penyuluh pertanian mampu mewujudkan Bartim sebagai kawasan penyangga IKN yang baru”, pungkasnya. (Ahmad Fahrizali).