Hubungi Kami

BARITO TIMUR

Dinas Pertanian Bartim Kontrol Nutrisi di SDN 03 Tamiang Layang

Published

on

TEWENEWS, Tamiang Layang – Dinas Pertanian Barito Timur melalui BPP Dusun Timur melaksanakan kontrol nutrisi dan suhu Komoditi hidroponik selada, pakcoy dan sawi di SDN 03 Tamiang Layang, Kamis (7/3/2019).

Menurut Erai Sairi selaku jajaran BPP Dusun Timur yang memimpin kegiatan tersebut mengatakan, nutrisi pada kisaran 997 PPM , suhu 25 derajat Celcius dan PH 6.7 mulai muncul OPT belalang dan ulat, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pemanfaatan lahan pekarangan demi ketahanan pangan keluarga di Kabupaten Barito Timur Kalteng.

“Lahan pekarangan memiliki potensi besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga. Hanya saja, pemanfaatannya belum dilakukan secara maksimal. Mayoritas masyarakat masih memanfaatkan lahan pekarangan seadanya saja, padahal jika dioptimalkan dapat ditanami beragam jenis tanaman yang bisa memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga” katanya, Kamis, (7/3/2019).

Murid SDN 03 Tamiang Layang bersama jajaran BPP dusun timur yang di pimpin oleh Erai Sairi meluncurkan Gerakan Pemanfaatan Pekarangan untuk Ketahanan Pangan Keluarga di kecamatan dusun timur kabupaten Barito Timur Kalteng. Program ini diimplementasikan secara serentak di SDN 03 Tamiang Layang dan di pemerintahan Desa Didi Kecamatan Dusun Timur.

Dipilihnya sekolah dan pemerintah desa sebagai mitra karena memiliki jaringan , sehingga dapat mendukung pelaksanaan optimalisasi pemanfaatan pekarangan secara masif.

Baca Juga :   KoMAK Minta Audensi ke Dinas Pendidikan Kota Surabaya

“Melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan khususnya penanaman hidroponik , diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi gejolak harga pangan,” tuturnya.

Selain itu, dengan pemberdayaan sekolah untuk melakukan budidaya hidroponik di sekolah dan sumber pangan lain pada pekarangan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan dan gizi siswa, dewan guru dan keluarga serta meningkatkan pendapatan yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan , sehingga mampu mewujudkan kemandirian pangan di tingkat rumah tangga .

“Tujuan dari kegiatan ini adalah memasyarakatkan optimalisasi lahan pekarangan, baik di sekolah, pedesaan maupun di perkotaan dengan memproduksi kebutuhan pangan oleh keluarga dan masyarakat. Selain itu, kegiatan juga diharapkan dapat mengatasi gejolak harga pangan khususnya tanaman pangan yaitu dengan gerakan menanam di masing-masing pekarangan sekolah dan rumah” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Bartim Ir Riza Rahmadi MM mengatakan, kegiatan tersebut merupakan komitmen Dinas Pertanian Bartim dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Bartim dibidang perkebunan dan pertanian.

“Kita akan terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bartim. Salah satunya adalah dengan cara mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan untuk berkebun sayur,” jelasnya. (DPB/TWN5).

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian