Dinas Pertanian Bartim Selalu Rutin Melaksanakan Anjangsana

oleh -84 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Dinas Pertanian Bartim selalu rutin di balai penyuluhan pertanian Kecamatan dusun tengah kabupaten Barito Timur Kalteng.

“kami melaksanakan anjangsana dan kunjungan ke salah satu penyuluh pertanian di kecamatan dusun tengah yang membudidayakan Komoditi Hortikultura melon, adapun Komoditi ini dibudidayakan dengan tujuan untuk pemanfaatan lahan pekarangan serta sebagai demplot percontohan oleh penyuluh pertanian Kecamatan dusun tengah bagi kelompok tani wilayah binaannya,”ucap salah satu penyuluh,Senin (20/5/2019).

Melon (Cucumis melo L.) adalah tanaman yang menghasilkan buah dengan warna putih kehijauan sampai merah. Daging buah melon mempunyai tekstur yang halus dan lunak, biasa dinikmati untuk hidangan penutup, buah meja, atau dijadikan campuran es buah dan pas sekali jika digunakan untuk berbuka puasa seperti sekarang momentum ramadhan.

Tumbuhan merambat yang menjalar dengan daun bentuk menjari serta batang ini termasuk ke dalam tanaman yang mempunyai nilai ekonomi tinggi di kabupaten Barito Timur.

Jika rekan rekan sobatTani mempunyai hobi bercocok tanam, maka sebaiknya mencoba budidaya melon sendiri yang bisa dilakukan di halaman rumah dengan menggunakan pot atau polybag, apalagi di kabupaten Barito Timur Kalteng harganya lumayan ketika bulan puasa ini.

Keberadaan melon di halaman rumah akan menghadirkan ruang hijau yang bagus untuk lingkungan. Selain itu, melon yang dimakan dari hasil budidaya sendiri juga menimbulkan kepuasan pribadi ketimbang membelinya. Bagi sobat tani dan sobat penyuluh pertanian yang mau mencoba budidaya melon dalam pot, berikut kami uraikan cara menanam melon dalam polybag secara praktis.

Tanaman sekaligus buah melon bisa tumbuh dengan baik pada pada ketinggian 250 – 800 meter dari permukaan laut dengan iklim hujan antara 1.500 – 2.500 mm/tahun serta kelembaban udara antara 50 – 70%. Jenis tanah yang kompatibel untuk melon adalah tanah liat berpasir (andosol) yang mengandung bahan organik dengan kadar tinggi.

Cara menanam melon di dalam pot konsepnya tidak jauh berbeda dengan menanam tanaman lain, seperti budidaya strawberry atau mentimun, gambas dan labu madu , di lahan luas ataupun bukan. Pertama tentunya dengan mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan bercocok tanam melon tani sobat

Siapkan beberapa buah polybag dengan ukuran masing-masing 40×50 cm (ukuran sedang, atau 37×40 cm). Lahan pekarangan rumah untuk menanam melon juga perlu disiapkan dan dibersihkan dahulu jika terdapat rumput liar, opsional. Siapkan juga lanjaran atau ajir dari bambu yang nanti akan ditancapkan pada media tanam dengan panjang 1,5 sampai 2 meter.

Paku ukuran 2 inch, tali rapia, gunting, dan pisau pemotong. Selamat mencoba rekan rekan sobat tani dan sobat penyuluhpertanian di kabupaten Barito Timur. dan dimanapun anda berada, semoga dengan momentum ramadhan ini bisa membawa berkah bagi kita semuanya termasuk dalam berbudidaya di sekitar rumah kita.(DPB/TWN5).