Dinas Pertanian Murung Raya Ungulkan Kakao dan Kopi untuk Kelompok Tani

oleh -109 views

TEWENEWS, Puruk Cahu – Sejak merosotnya harga karet membuat Dinas Pertanian Kabuapaten Murung Raya (Mura) mengalihkan perhatiannya untuk kelompok tani ke tanaman Kakao dan Kopi selama dua tahun terakhir ini.

Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan, Dinas Pertanian Kabupaten Mura, Yanette saat dikomfirmasi dirung kerjanya mengatakan, yang menjadi prioritas utama saat ini dalam menstabilkan harga kebutuhan para kelompok tani di Kabupaten Murung Raya.

Baca Juga :   Ahmad Apandi Tewas di Tangan Joni, Leher Hampir Putus

“Untuk 2019 ini kami sudah membantu kelompok tani kami sudah melakukan pengelolaan Kakao di dua Desa dengan besar lahan 54 hektar yaitu Desa Puruk Batu dan Sungai Lunuk, sedangkan untuk kopi ada 15 hektar di Desa Muara Untu,” katanya, Selasa, (11/6).

Baca Juga :   Peringati Hut Bhayangkara ke 74 Tingkatkan Sinergitas Bersama Polri Jelang New Normal

Program pengembangan tanaman Kakao dan Kopi merupakan pilihan tepat menurut Dinas Pertanian Kabupaten Mura, pasalnya program tersebut sesuai dengan menjadi program Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk wilayah Kabupaten yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito.

Baca Juga :   Perwira Kodim 0703/Cilacap Laksanakan Tes Kesamaptaan Periodik I di Korem 071/Wk

“Kemaren kami sempat melakukan koordinasi dan ternyata program Kakao dan Kopi juga prioritas oleh Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Tengah yang disampaikan juga oleh Gubernur kemaren,” lanjutnya.

“Untuk kedepannya apabila prioritas pengembangan 2 tanaman tersebut akan terus dilakukan oleh pihaknya dikarenakan sejauh ini masih terbilang cukup baik hasilnya. (Asmansyah)