Dinas Pertanian Panen Perdana di Desa Batuah Bartim

oleh -81 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Kelompok tani Desa Batuah dan Kelompok Tani Desa Sibung, beserta Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Kalteng, melaksanakan panen perdana sekaligus syukuran panen jagung di Desa Batuah Kecamatan Raren Batuah, Kabupaten Bartim, Senin (21/1/2019).

Panen perdana jagung dilokasi hamparan 1 HA jenis jagung Varietas NK 212 di Desa Batuah tersebut langsung dipimpin oleh orang nomor satu di Dinas Pertanian Bartim Ir. Riza Rahmadi, MM beserta rombongan berlangsung lancar dan meriah.

Baca Juga :   Munculnya Terminal Bayangan, Penguna Jalan Dibuat Resah

Kadis Pertanian Bartim Ir Riza Rahmadi MM mengatakan, sudah saatnya petani Bartim berpikir inovatif dan kreatif memilih tanaman yang bermanfaat bagi perkembangan kesejahteraan hidupnya, termasuk jagung hibrida.

Menurutnya, jagung hibrida secara ekonomis menguntungkan petani karena harganya bagus.”Petani janganlah berprinsif menanam jagung berbuah jagung tetapi menanam jagung harus berbuah uang,” ujarnya.

Lelaki yang ramah ini memaparkan, peningkatan produksi jagung mempengaruhi sektor lainnya, seperti usaha peternakan ayam petelur, peternakan sapi dan lain-lain.

Baca Juga :   Permudah Petani, Dinas Pertanian Bartim Kenalkan Alsintan

“Tentunya sangat berdampak juga pada penciptaan lapangan kerja di sektor ini dan berbagai usaha bisnis lainnya seperti pembuatan pupuk organik,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Desa Batuah, mengatakan, dari data pengubinan yang saya terima bahwa produksi jagung di Bartim Kalteng mencapai 8,5 ton/hektar.

“Ini merupakan hasil yang sangat baik, oleh karena ini kami minta kepada Dinas Pertanian agar membantu daerah ini dengan pengadaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan produksi seperti penampungan air untuk pengairan lahan begitu juga dengan alat tanam jagung,” harapnya.

Baca Juga :   DLH Bartim Himbau Masyarakat Agar Membuang Sampah Pada Tempatnya

Dirinya berharap dengan adanya momentum seperti ini mampu memberikan motivasi bagi Kelompoktani yang lain untuk lebih bersemangat menanam jagung pakan ternak di kabupaten Bartim.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, para petani bisa termotipasi untuk lebih bersemangat menanam jagung,” pungkasnya. (TWN5)