Dinas Sosial Bartim Lakukan Sosialisasi Program Verval BDT BPS Melalui Muskel dan Musdes

oleh -54 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Pemerintah kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, melalui Dinas Sosial, sosialisasikan program Sembilan Bahan Pokok (Sembako) dan Musyawarah Desa (Musdes) atau Musyawarah Kelurahan (Muskel) atau Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu (Verval BDT)/ Bantuan Sosial Pangan (BSP) dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosia (DTKS) Kelurahan Tamiang Layang kecamatan Dusun Timur tahun 2020 di Kantor Kelurahan setempat, Rabu (19/02/2020).

Pada kegiatan sosialisasi dan Muskel tersebut turut hadir Lurah Tamiang Layang, Ketua RW, Ketua RT, Karang Taruna lingkup Tamiang Layang dan perwakilan masyarakat penerima bantuan.

Baca Juga :   Cegah Pungutan Liar Personil Polsek Seruyan Hilir lakukan sosialisasi ke kepada masyarakat

Kepala Dinas Sosial Bartim Rusdianor yang diwakili Pelaksana tugas Kabid Pemberdayaan Sosial Dan Penanganan Fakir Miskin Santai Nyawit mengatakan “Saat ini kami melaksanakan Muskel tentang Verval BDT atau data orang miskin di kelurahan Tamiang Layang”, ucap Santai.

Baca Juga :   Pelaksanaan Pembuatan SPM Sikeu di Polres Seruyan

Sesuai mekanisme yang ada, data orang miskin yang ada kita cek, Verval kembali apakah yang bersangkutan masih layak menerima bantuan atau sudah meninggal maupun sudah pindah kita musyawarahkan diforum terbuka seperti ini.

Data inilah nantinya yang menjadi data resmi kelurahan atau desa sebagai data orang miskin yang ada di kelurahan Tamiang Layang.

Menurut Santai, data tersebut sesuai dengan mekanisme dari Kementerian Sosial, dalam satu tahun ada dua kali finalisasi kemiskinan, yakni pada bulan april dan bulan bulan desember. Untuk tahun ini akan difinalisasi pada bulan april mendatang.

Baca Juga :   Bupati Ampera Serahkan 54 Ekor Hewan Kurban Untuk Masyarakat

“Makanya kami keliling kedada – desa dan kelurahan untuk melakukan Verval di 103 desa se Bartim data yang ada, sebelumnya sudah dilakukan pengecekan oleh pendamping sosial sebagai perpanjangan tangan kami”, jelas Santai. (Ahmad Fahrizali)