Dinkes Barut Gelar Orientasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga

oleh -85 views

TEWENEWS,Muara Teweh – Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara menggelar kegiatan orientasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK).Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberi pembekalan kepada petugas-petugas puskesmas sehingga saat melaksanakan program PIS PK dilapangan, bisa memperoleh data yang akurat. 

“Meski bukan hal baru,  namun kegiatan orientasi ini kami anggap perlu untuk memberi pembekalan kepada para petugas puskesmas yang nantinya akan mendata kesehatan masyarakat dari rumah ke rumah, sehingga ke depannya ada gerakan sama-sama untuk memperoleh file kesehatan keluarga sesuai indikator yang telah ditentukan,” ujar Kadis Kesehatan di Muara Teweh,Senin (12/3/2018). 

Baca Juga :   Menjanjikan dan Bernilai Tinggi, Pemkab Barut Dorong Warga Budidayakan Tanaman Jahe Merah

Dikatakannya,  ada tiga isu yang menjadi perhatian pemerintah pusat dalam masalah kesehatan masyarakat, diantaranya stanting, TBC dan Data kesehatan berbasis wilayah.

Baca Juga :   Penyederhanaan Birokrasi, Pengadaan Calon ASN Oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)

Untuk itu,  dinas kesehatan telah mendapat arahan dan bimbingan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,  agar pusat dan daerah dapat bersinergi dalam penanganan kesehatan.

Baca Juga :   Warga Pertanyakan Pengunaan Jalan Angkutan Batu Bara Dari Pelabuhan Exs PT.PMA ke PT BPCI

“Ketiga isu yang menjadi perhatian pemerintah pusat tersebut yakni, stanting yang berarti suatu kondisi kekurangan gizi sehingga mengakibatkan pertumbuhan yang  tidak normal,  lalu mengenai penyakit TBC dan terakhir masalah imunisasi, ” terang  Robansyah.(Ap