Dipenghujung Tahun 2022, Sebanyak 29 Personel Polres Barut Naik Pangkat

oleh -87 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Dipenghujung tahun ini, sebanyak 29 personel Polres Barito Utara (Barut), Polda Kalimantan Tengah, dari berbagai kesatuan terhitung 30 Desember 2022 mendapat penghargaan berupa kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

Upacara kenaikan pangkat ini dipimpin Plh Kapolres Barito Utara AKBP Dharmeswara Hadi Kuncoro, di halaman Mapolres setempat di Muara Teweh, Jumat (30/12/2022).

Ke 29 personel yang mendapatkan kenaikan tingkat yakni dari AKP ke Kompol 1 (satu) orang, dari IPTU ke AKP 8 (delapan) orang, dari IPDA ke IPTU 3 (tiga) orang, dari AIPDA ke AIPTU 5 (lima) orang, dari BRIPKA ke AIPDA 9 (sembilan) orang, dari BRIGADIR ke BRIPKA 2 (dua) orang, dan dari BRIPTU ke BRIGADIR 1 (satu) orang.

Plh Kapolres Barito Utara Dharmeswara Hadi Kuncoro mengingatkan kepada anggota agar selalu bersyukur dan menjalankan tugas sebaik mungkin dalam melayani masyarakat.

“Kenaikan pangkat bagi personel kepolisian merupakan bentuk penghargaan dan kesejahteraan yang diberikan pimpinan Polri atas prestasi dan pengabdiannya sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat dan penegakkan hukum,” kata AKBP Dharmeswara Hadi Kuncoro.

Dikatakan Dharmeswara Hadi Kuncoro kenaikan pangkat bagi personel Polri ditentukan melalui proses sidang dewan pertimbangan karier atas kewajiban yang harus dilaksanakan dengan penilaian pimpinan sebagai persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain, kelakuan, prakarsa, kemajuan kerja, kerja sama, ketabahan, prestasi kerja, pengembangan kewiraan, penyesuaian diri dan tanggung jawab serta loyalitas dan tidak tercela.

“Namun perlu diingat bahwa kenaikan pangkat bukanlah merupakan hak yang secara otomatis diterima oleh setiap personel Polri,” katanya.

Plh Kapolres juga mengatakan, bahwa tanda pangkat yang tengah dikenakan merupakan simbol kemampuan dan tanggung jawab sehingga personel Polri yang menyandang pangkat tertentu dituntut adanya kualitas mental, intelektual dan jasmani yang sesuai dengan pangkat yang disandangnya.

Untuk itu, bagi personel Polri yang memperoleh kenaikan pangkat agar segera menyesuaikan diri dengan tingkatan pangkat melalui upaya peningkatan wawasan terhadap kewajiban dan tanggung jawab dalam setiap pelaksanaan tugas.

“Dengan rasa bahagia, saya pribadi, keluarga dan selaku pimpinan Polres Barito Utara mengucapkan selamat kepada saudara-saudara beserta keluarga yang memperoleh kenaikan pangkat. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberikan kekuatan lahir dan batin kepada kita sekalian dalam melaksanakan tugas pada masa yang akan datang,” ujar Kapolres.

(AP/Tim)