Diputus Bebas Mahkamah Agung, Agus Sumadi Dilantik Menjadi Kadispenda Murung Raya

oleh -142 views

TEWENEWS, Puruk Cahu – Bupati Perdie M Yoseph melantik pejabat eselon ll, lll dan lV berjumlah 318 orang, nama Agus Sumadi dipercaya menduduki jabatan sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah (DISPENDA) Kabupaten Murung Raya.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Murung Raya, Kalteng, Robert P. Sitinjak, mengapresiasi pemulihan hak-hak Agus Sumadi dalam kedudukan jabatan, harkat, dan martabatnya.

Sebelumnya Agus Sumadi, sempat menjadi terdakwa dalam kasus korupsi pembangunan Pasar Pelita Hilir, Kota Puruk Cahu, namun oleh Mahkamah Agung (MA) dalam Kasasi ia dinyatakan tidak bersalah.

“Kami apresiasi kepada Bupati yang telah melantik kembali Agus Sumadi, berdasarkabn putusan pengadilan tinggi mahkamah agung palangkaraya nomor 1113 K/ PID SUS. 2016, menyatakan Agus sumadi tidak bersalah juga sebagai bentuk pengembalian hak dan jabatan Agus Sumadi yang sempat hilang akibat kasus pembangunan pasar pelita akhir Tahun 2010 hingga 2012 lalu,” ucap Kejari beberapa waktu lalu.

Agus Sumadi dilantik oleh Bupati hari Jumat 14 Juni 2019 menepati jabatan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (DPD) Mura yang sempat kosong dikarenakan kepala Dinas Nyeri Nyahu memasuki masa pensiun.

“Posisi Agus Sumadi saya anggap itu wajar karena merupakan hak yang patut dikembalikan dan diperolehnya kembali. Dia mendapat putusan dari pengadilan tinggi mahkamah agung, (MA) hasil kasasi ia dinyatakan tidak bersalah oleh MA,” kata Robert P. Sitinjak.

Ia menambahkan, setiap pejabat dapat menjalin kerjasama yang baik agar dapat menciptakan sinergritas antar pejabat lingkup Pemkab Murung Raya ini.

Seperti di ketahui, Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph melantik dan pengangkatan dari dan dalam jabatan lingkup Pemerintah Kabupaten Murung Raya, di Gedung Pertemuan Umum Tira Tangka Balang di Puruk Cahu, Jumat (14/6) siang.

Dalam acara pelantikan tersebut dihadiri Wakil Bupati Mura Rejikinoor, Ketua DPRD Mura Gad F. Silam, unsur forum koordinasi pimpinan daerah, pejabat sekretaris daerah, asisten-asisten sekretaris daerah.

Serta, staf ahli Bupati, kepala dinas/badan kantor di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mura, tokoh masyarakat, tokoh agama dan insan pers.

Kepala BKPSDM Mura dalam laporanya, “yang dilantik  terdiri dari pimpinan tinggi pratama, jabatan administrator, jabatan pengawas dan jabatan fungsional.

Untuk jabatan struktural; jabatan pimpinan tinggi pratama 1 orang, pejabat administrator 77 orang, pejabat pengawas 196 orang dan untuk pejabat fungsional; guru 1 orang, auditor 2, asisten apoteker 1 orang, bidan 26 orang.

“Serta, dokter gigi 2 orang, penyuluh pertanian 13 orang, jumlah keseluruhan yang di ambil sumpah janji pada saat ini berjumlah 318 orang,“ucap Yance P. Sirenden.

Bupati Mura dalam sambutanya menyampaikan, pergantian jabatan tertentu adalah hal yang logis dan wajar dilaksanakan, karena ini merupakan dinamika oraganisasi yang selalu dilakukan oleh unsur pimpinan.

Baik dalam rangka peyegaran, pembinaan, maupun pegembangan karir aparatur sesuai dengan tuntutan tugas yang diemban oleh organisasi Pemerintah.

Pelantikan dan mutasi  ini dalam rangka meningkatkan kemampuan diri yang diharapkan pada saatnya muncul birokrat-birokrat yang andal dan profesional.

“Kepada pejabat yang dilantik, kami mengingatkan bekerjalah dengan sungguh-sungguh dan penuh dengan rasa tanggung jawab yang dilandasi dengan etikat baik dan pegabdian yang tinggi, melakukan sinergi, koordinasi dan singkronisasi yang baik,” kata  Perdie M. Yoseph. (Asmansyah)