Diskominfo Bartim Gelar Uji Publik tentang Raperda

oleh -22 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Bartim) melalui Diskominfo Bartim menggelar Uji Publik tentang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tentang penyelenggaraan E – Government dan Masterplan penyelenggaraan E – Government untuk lingkungan pemerintahan kabupaten Barito Timur. Kegiatan tersebut digelar di Aula rapat kantor Bupati Bartim, Selasa, ( 27/11/18).

Uji Publik yang dihadiri Asisten I Pemerintahan Sekertariat Daerah kabupaten Bartim H. Rusdianor, Kepala Dinas Kominfo Bartim Husni Anwar dan tamu undangan lainya. Uji Publik tersebut pihaknya menghadirkan 4 orang Narasumber dari Universitas Palangkaraya.

Sambutan Bupati Bartim Ampera AY Mebas yang dibacakan Asisten I Pemerintahan H. Rusdianur memaparkan, pemerintah harus melakukan perubahan dari sistem yang bersifat manual atau offline ke sistem elektronik atau online.

“Pemerintah harus melakukan perubahan dari sistem yang bersifat manual atau ofline kesistem electronik atau online, karena pemerintah sebagai institusi yang melayani masyarakat,” ujarnya.

Oleh sebab itu pemerintah berusaha memberikan pelayanan yang lebih baik, dengan memperhatikan ketentuan peraturan sebagaimana tertuang dalam Undang-undang, sebagai  jaminan  dapat  terwujud administrasi  pemerintahan yang  efektif dan efesien.

Pemkab Bartim adalah salah satu unit pemkab yang dituntut untuk melakukan perubahan dan penataan manajemen pemerintahan guna meningkatkan responsivitas dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dilakukan setiap Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) sangat membutuhkan sistem tata kelola TIK tingkat daerah, karena itu agar dapat menjadi satu sistem tata kelola yang baik harus diatur dalam sebuah Perda untuk menjadi landasan dan pedoman  pemerintah dapat melaksanakan tata kelola pemerintahan yang baik (Good e-Government),” pungkas Rusdianur.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bartim Husni Anwar dalam sambutanya mengatakan, teknologi  informasi dan komunikasi di Bartim menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara serta memiliki perkembangan yang sangat cepat dan berdampak sangat besar  baik pada perorangan, bisnis maupun pemerintahan.

Husni menambahkan atas dasar itulah maka pemerintah harus melakukan perubahan dalam melayani masyarakat.

Pemerintah harus berusaha memberikan pelayanan yang lebih baik, maka harus dibuat sebuah aturan  yang mengatur aturan tentang teknologi  dan informasi, maka pada hari ini kita lakukan uji publik raperda tentang  penyelenggaraan e-Government dilingkungan Pemkab Bartim dan dokumen rencana induk e-Government yang mengatur pengelolaan sistem informasi dan pengembangan teknologi informasi sebagai acuan implementasi layanan E-Government menuju smart city.(Budi).