Distan Bartim Kembangkan Bawang Merah Untuk Menekan Harga Pasar

oleh -31 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Dinas Pertanian (Distan) kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, akan kembangkan tanaman bawang merah, guna menekan harga pasar yang biasanya akan naik menjelang hari besar keagamaan.

Kepala Distan Bartim Ir. Riza Rahmadi, MM mengatakan “Kami akan kembangkan tanaman bawang merah, untuk menekan harga pasar yang biasanya akan naik menjelang hari besar keagamaan”, ucap Riza disela – sela kegiatannya, Senin (09/03/2020).

Menurutnya, tanaman bawang merah yang akan dikembangkan di Bartim memiliki luas areal 21 hektar, yang terbagi di 8 kecamatan, di 18 desa oleh 21 Kelompok Tani (Poktan).

Hasil Pantauan tewenews.com, di pasar semi modern Tumenggung Djaya Karti Tamiang Layang, harga bawang merah 40 Ribu Rupiah per Satu Kilogramnya.

Tidak lama lagi Poktan yang ada akan melakukan penanaman, setelah curah tidak terlalu tinggi, karena pada waktu curah hujan tinggi akan menghambat pertumbuhan bawang merah, bahkan mati.

“Kita mengharapkan dengan adanya tanaman bawang merah ini, untuk menekan harga pasokan barang merah yang berasal dari Pulau Jawa. Dengan adanya tanaman bawang merah di Bartim, diharapkan bisa masuk kepasar – pasar terdekat”, pungkas Riza. (Ahmad Fahrizali)