Ditengah Pandemi COVID – 19 DD dan ADD Harus Fokus Kepada Ekonomi Kerakyatan Tepat Guna

oleh -31 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah ingatkan Kepala Desa (Kades) untuk mengarahkan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) fokus kepada ekonomi kerakyatan yang tepat guna untuk menanggulangi dampak Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Kepala DPMD Ir. Barnusa mengatakan “Sebelumnya Bupati Bartim juga sudah mengarahkan kepada Kades agar mengarahkan DD dan ADD lebih fokus kepada ekonomi kerakyatan yang tepat guna, tepat sasan, Padat Karya Tunai (PKT) sejalan dengan dampak COVID – 19 yang dirasakan oleh masyarakat desa sekarang ini”, belum lama ini.

Hal tersebut sejalan dengan Surat Edaran Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia nomor 8 tahun 2020, salah satu poinnya agar anggaran DD untuk penanganan COVID – 19 dan PKT.

Dilanjutkan Barnusa, supaya menggiatkan orang yang tidak berkemampuan, orang yang belum beruntung atau yang di PHK atau dirumahkan, sehingga bisa turut bekerja.

“Barusan kita juga melakukan video conference dengan Kementerian Desa memfokuskan penanganan dan pencegahan Corona Virus, PKTD kemudian BLT DD”, ungkapnya

Untuk kriteria penerima sudah ditentukan dan validitas data, sehingga tepat sasaran sesuai dengan arahan Bupati Bartim, memang harus fokus supaya PKT, BLT maupun dukungan lain penanganan dampak COVID – 19 tepat sasaran, pungkasnya. (Ahmad Fahrizali).