Dituding Pelayanan Kurang Memuaskan Pasien, Begini Penjelasan RSUD Kuala Kapuas

oleh -75 views

TEWENEWS, Kuala Kapuas – Ramai jadi perbincangkan para netizen, perihal pelayanan yang kurang memuaskan dari oknum perawat di RSUD Dr H.Soemarno Sosroatmodjo, Kabupaten Kuala Kapuas, Kalteng, mendapat tanggapan dari managemen rumah sakit. Begini Penjelasannya ?

Kabid Kepegawaian, Siter Sandan, S.Kep, di ruang kerjanya menyampaikan permohonan ma’af  kepada pihak yang merasa kurang nyaman dengan tindakan petugas. Terlepas dari siapa yang salah atau benar.

“Ini menjadi pembelajaran bagi kita semua, supaya ke depan agar lebih baik lagi. Kami sangat mengerti dengan kondisi psikologi petugas, pasien, maupun keluarga dan pengunjungnya. Kadang ada hal-hal yang di luar kuasa kita, sehingga dapat menimbulkan dampak negatif yang kurang menyenangkan bagi pihak lain,” ujarnya, di Kuala Kapuas, Senin (19/1/2019).

Untuk itu, kami telah melakukan investigasi internal berikut introspeksi. Kami berharap, semua pihak yang bekaitan dengan hal ini, agar kiranya mampu menahan diri dengan kondisi tekanan akibat menghadapi proses pengobatan.

Dalam petemuan itu, Kabid Kepegawaian juga berterima kasih atas kesempatan klarifikasi ini, dengan harapan agar berita yang diterima masyarakan jadi berimbang.

Sementara itu Hikmayati, selaku Kasi Rawat Inap yang mendampingi kabid menuturkan, bahwa manajemen RSUD memberikan ruang yang sangat terbuka untuk mengajukan komplain. Dengan alur melalui masing-masing Kepala Ruangan.

Tempat pasien dirawat inap untuk dilakukan mediasi. Proses dilanjutkan ke bidang pengaduan di Bagian Humas. Ini tetap dibawah kendali dan pengawasan pihak manajemen, melalui Bidang Kepegawaian.

“Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat yang memberi masukan, terutama melalui mekanisme yang terstruktur. Sehingga tidak dianggap merugikan salah satu pihak saja. Kami menerima dengan lapang dada, segala keluhan yang disampaikan dan tentu saja akan kami tindak lanjuti,” tegasnya.

Kasi Rawat Jalan, Martono menyampaikan hal senada. Bahwa mereka telah melakukan konfirmasi internal, terkait berita tersebut.

“Sejujurnya, tidak ada niat kami untuk bersikap diluar kepatutan. Kami hanya menjalankan tugas sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) pelayanan.” Jelasnya.

Dilanjutkannya, kadang ada tindakan yang harus kami junjung tinggi pelaksanaannya. Terlebih di ruang Kebidanan ruang Cempaka tersebut, kadang ada pemeriksaan pribadi, yang tidak boleh disaksikan orang lain.

“Nah, untuk melaksanakannya, maka ruangan harus di sterilkan dari pengunjung. Kadang sudah diminta satu-dua kali untuk meninggalkan ruangan, akan tetapi masih tidak diindahkan. Disitulah petugas dengan segala keterbatasannya, sewaktu-waktu bisa lepas kendali. Jadi, kami memohon pengertian dari keluarga pasien atau pengunjung, agar mentaati aturan teknis perawatan,” harapnya.

Untuk selanjutnya, agar hal ini tidak terjadi dikemudian hari, maka akan diberlakukan secara bertahap,  aturan yang selama ini masih belum diterapkan sepenuhnya oleh pihak rumah sakit. Terutama waktu kunjung pasien rawat inap.

Dengan klarifikasi dari pihak manajemen Dr H.Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, di harapkan agar para keluarga dan pengunjung dapat memahami dan mentaati aturan serta peraturan yang berlaku di RSUD ini. (J.A)