Dorong Peningkatan Pemanfaatan DD Melalui Program Inovasi Desa

oleh -27 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Guna mendorong meningkatkan kualitas pemanaatan Dana Desa (DD) melalui Program Inovasi Desa (PID) dan memberikan rujukan inovasi pembangunan desa. Hal ini juga merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia (SDM) serta infrastruktur desa.

Hal itu disampaikan Bupati Barut, Nadalsyah melalui Wakil Bupati, Sugianto Panala Putra saat membuka rapat koodinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) dan sosialisasi Penyediaan
Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD), di aula Bappedalitbang Muara Teweh, Kamis (4/10/2018) yang dihadiri para Camat se-Kabupaten Barut.

Baca Juga :   Tiga ASN Barut Purna Tugas

Sugianto menyampaikan, inovasi akan membuat perubahan besar bagi desa, sumber daya desa yang akan semakin bersaing infrastrukturnya menjadi lebih baik yang secara tidak langsung menggerakkan ekonomi di desa dan berimbas pada perubahan ekonomi Kabupaten Barito Utara secara keseluruhan.

“Saya berharap melalui sosialisasi penyediaan peningkatan kapasitas teknis desa dan Rakor tim inovasi Kabupaten Barito Utara ini. Kita akan memahami filosofis, teknis serta panduan dalam fasilitasi pelaksaaan kegiata P2KTD,” terangnya.

Baca Juga :   Bantu Cegah dan Tanggulangi Stunting, Dharma Wanita Persatuan Barut Gelar Seminar

Sehingga, desa memiliki kualitas perencanaan pembangunan desa dalam memanfaatkan dana yang menjadikan desa Iebih produktif dan maju.

Ditegaskannya, pemerintah Kabupaten Batara sangat berkomitmen agar desa berubah menjadi semakin baik. Perbaikan desa akan terwujud, jika aparatur desa terus didorong untuk selalu meningkatkan pengetahuan dalam penggunaan dana desa yang efektif.

“P2KTD adalah untuk mewujudkan kegiatan pembangunan desa yang inovatif dan lebih berkualitas membantu Pemkab dalam menyediakan layanan teknis yang dibutuhkan, serta meningkatkan kapasitas kelembagaan desa dan kader pemberdayaan masyarakat desa,” pungkasnya.

Sementara, Plt Kadis Sosial dan Pemerintahan Masyarakat Desa (SosPMD) Barut Everiady Noor menyebutkan, Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawa Cita dalam RPJMN 2015-2019.

Baca Juga :   Simpang Naneng Akan Bangun GOR Melalui DD

Program Inovasi Desa dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai Undang-Undang Nomor : 6 Tahun 2014 tentang Desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas.

“Agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonami serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing,” tutupnya.(Ap)