Dostan : Pembakar Hutan dan Lahan Akan Kami Tindak Tegas

TEWENEWS, Muara Teweh – Kapolres Barito Utara menghimbau kepada warga masyarakat Kabupaten Barito Utara, agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Hal ini disampaikan Kapolres Barito Utara AKBP Dostan Matheus Siregar, saat Press conference yang dilaksanakan di halaman Makopolres setempat, Selasa (25/9/19).

Menurut, Kapolres, pihaknya akan menindak tegas dan tidak pandang bulu terhadap para pelaku pembakaran hutan dan lahan, yang dampaknya sangat besar bagi kehidupan masyarakat maupun terhadap flora dan fauna yang ada di wilayah hukum Barito Utara.

Di singgung terkait kesiapan Polres Barut dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan, Kapolres mengungkapkan bahwa dari jajaran kepolisian khususnya Polres Barito Utara jauh-jauh hari sudah melakukan strategi yakni pencegahan dengan banyaknya melakukan sosialisasi.

“Manakala terjadi titik panas, maka dari polsek- polsek di wilayah setempat yang diperintahkan untuk segera berkoordinasi dengan unsur terkait, seperti TNI dan BPBD untuk melakukan pengecekan terhadap titik koordinat di mana adanya titik panas tersebut hingga menimbulkan api,” ujarnya.

Baca Juga :   Polres Barut Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Telabang 2018

Lebih lanjut, tambah Dostan, sehubungan dengan lahan yang terbakar tersebut pihaknya akan memanggil pihak-pihak terkait yang bertanggungjawab terhadap kepemilikan lahan untuk mengetahui apakah lahan ini memang
sengaja dibakar atau kelalaian dari pada manusia.

Ia juga memaparkan solusi untuk para petani yang akan membuka lahan untuk mekakukan pembukaan lahan pertaian agar bisa berkordinasi dengan Dinas Petanian.

” Bila membuka lahan diharap bisa melakukan kordinasi dengan Dinas Pertanian supaya lahan pertanian masyarakat bisa di buka,” pungkasnya.(Tim)

Ralat Judul sebelumnya  = Dostan : Pembakar Hutan dan Ladang Kami Tindak Tegas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: