DPMD Kalteng Berikan Penyuluhan Bagi Generasi Muda Bartim

oleh -79 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) gelar penyuluhan peningkatan peran serta generasi muda desa dan hak politik dalam ketahanan masyarakat di kabupaten Barito Timur (Bartim).

Kegiatan penyuluhan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh, turut hadir Kepala DPMD Bartim Barnusa, Wakapolres Donal Harianja dan diikuti oleh ratusan pemuda pemudi perwakilan beberapa organisasi kepemudaan, serta perwakilan pelajar tingkat SMU di Aula Hotel Ade Tamiang Layang, kamis (12/03/2020).

Dalam sambutannya Bupati Bartim Ampera AY Mebas yang dibacakan oleh Wakil Bupati Habib Said Abdul Saleh mengatakan “Saya menyambut baik dan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah Kalteng, melalui DPMD yang menyelenggarakan kegiatan penyuluhan ini”, ucapnya.

Baca Juga :   Update COVID-19 di Bartim, Hari Ini, Bertambah 8 dan Sembuh 15 Orang

Sebagaimana kita ketahui bersama tahun 2020 ini, kita akan menghadapi pemilihan Gubernur Kalteng, untuk itu pendidikan politik sangatlah penting, sebagai media penyampaian konsep politik yang memiliki tujuan untuk membuat generasi muda dan pemilih pemula menjadi lebih mengerti dan memahami politik.

Menurut Habib Saleh, pendidikan politik sangatlah diperlukan, termasuk bagi pemuda desa untuk dapat memahami dan turut serta dalam hak politiknya, sehingga kualitas pelaksanaan Pemilu di Bartim dapat terlaksana dengan lebih baik aman dan kondusif, jelasnya.

Baca Juga :   Cegah Karhutla, Aiptu Puryanto Patroli dan Imbau Pemilik Lahan

“Penyuluhan ini saya harapkan tidak berhenti sampai di sini, namun dapat disosialisasikan dengan lingkungan sekitar agar makin banyak lagi masyarakat yang mengerti tentang pentingnya pendidikan politik”, harapnya.

Pada penyuluhan tersebut dipaparkan berbagai materi dari nara sumber Dosen, Wakapolres, serta Kesbangpol Kalteng.

Sementara itu Kepala Bidang Pemberdayaan Kemasyarakatan SDA dan Teknologi Tepat Guna DPMD Kalteng Elita Eliana menyebutkan penyuluhan tersebut bertujuan agar generasi muda tidak terjebak dalam paradigma politik yang salah, karena generasi muda sebagai pemilih pemula potensinya cukup besar.

Baca Juga :   PKB Bartim Siap Menangkan Pasangan Sugianto Sabran Dan Edy Pratowo Pada Pilgub Kalteng Tahun 2020

“Pemilih milenial diharapkan dapat menyumbang partisipasi suara yang maksimal pada pesta demokrasi, kegiatan penyuluhan dilaksanakan oleh DPMD Kalteng setiap tahun, untuk tahun ini ada tiga kabupaten yang kami berikan penyuluhan termasuk salah satunya di Bartim”, ungkap Elita.

Saya sangat bangga melihat peserta di Batim hari ini, karena pesertanya begitu antusias mengikuti kegiatan hingga selesai, tutupnya. (Ahmad Fahrizali)