DPRD Barut Sampaikan Hasil Reses pada Rapat Paripurna Masa Sidang II

oleh -19 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito menyampaikan hasil reses kepada Bupati Barito Utara pada rapat paripurna masa sidang II, digelar di ruang sidang DPRD setempat. Selasa (22/3/2022).

Penyerahan hasil reses diwakili anggota DPRD sesuai daerah pemilihan masing-masing, yakni Dapil I diwakili H. Tajeri, Dapil II Henny Rosgiaty Rusli, Dapil III Sunario dan Dapil IV oleh Nuriyanto.

Ketua DPRD Barito Utara Mery Rukaini mengatakan keberhasilan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di daerah tidak terlepas dari kemampuan pemerintah daerah dan DPRD saat melakukan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

“Reses merupakan implementasi dari pengawasan DPRD terhadap pelaksanaan Perda, peraturan kepala daerah, APBD dan kebijakan pemerintah daerah lainnya,” ujar Mery.

Mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan program pembangunan daerah, hal ini merupakan kontribusi dan support DPRD kepada pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan visi dan misi yang ditetapkan.

“Reses merupakan kewajiban yang diamanatkan UU kepada pimpinan dan anggota DPRD dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat dengan konstituen di daerah pemilihan masing-masing,” ucap Mery.

Menurutnya pelaksanaan reses sangat bermakna bagi setiap anggota DPRD guna meningkatkan kualitas, produktivitas, kinerja DPRD dan mengoptimalkan check and balance antara DPRD dan pemerintah daerah.

“Kami berharap laporan hasil reses dapat diakomodir, dijadikan referensi menyusun program dan kegiatan APBD tahun 2023 yang akan datang, sebagai evaluasi bagi pemerintah daerah terhadap urusan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Barito Utara,” katanya.

(AP/Tim)