DPRD Barut,Desak PT.Pada Idi Bayar Ganti Rugi Lahan Warga Desa Papar Pujung

oleh -50 views

TEWENEWS,Muara Teweh – Mulyar Samsi anggota DPRD Barut dari fraksi PDIP dan juga berlatar belakang pengusaha tambang batu bara angkat bicara mengenai permasalahan yang terjadi antara PT.Pada Idi dengan warga desa Papar Pujung kecamatan lahei Barat.

Dia dengan keras meminta agar pihak PT Pada Idi membayar ganti rugi lahan sesuai dangan apa yang menjadi tuntuan warga desa tersebut yaitu Rp50juta per hektar.

“Saya,meminta kepada Manajemen PT Pada Idi untuk membayar lahan warga yang telah di garap,tidak ada alasan pihak PT pada Idi menolak membayar lahan warga seluas 60 hektar lebih itu, sebab dua tongkang saja sudah bisa untuk melunasi harga ganti rugi lahan tersebut,”ujarnya, di Muara Teweh Rabu (2/5)

Baca Juga :   Bersinergi, Pengurus PWI Barut Silaturahmi dengan Dandim 1013/Mtw

Ditambah Mulyar,disini saya sampaikan bahwa lahan 60 hektar lebih tersebut cukup dengan dua tongkang batu bara saja sudah lunas,sebab satu tongkang batu bara itu harganya bisa mencapai Rp3 Milyar.

Baca Juga :   Sempat Dinyatakan Hilang Saat Memancing ke Hutan, Warga Muara Teweh Ini Ditemukan Selamat

Sementara itu, Perwakilan dari PT Padaidi Ahmad Rija mengatakan, bahwa berdasarkan hasil notulen atau kesimpulan rapat, bahwa pihak perusahaan siap melakukan penyelesaian. Namun tetap mengkroscek kepemilikan lahan warga.

“Kami pada intinya siap menyelesaikan, namun kami harus melaporkan permasalahan ini kepada pihak menajemen yang lebih tinggi,” tukasnya singkat.

Sebelumnya, permasalahan ini berawal dari tuntutan warga desa Papar Pujung Kecamatan Lahei Barat yang belum mendapatkan ganti rugi dari pihak perusahaan.Sementara, dalam hal ini  lahan mereka sudah di garap oleh perusahaan tambang batu bara tersebut.

Mara Reno,salah seorang warga desa Papar Pujung mengatakan, bahwa permasalahan ini sudah cukup lama terjadi, dan warga pun sudah berupaya beberapakali untuk melakukan pertemuan, seperti di tingkat desa dan Kecamatan.

Baca Juga :   Samsat Muara Teweh Mulai Layani Program Pemutihan Denda dan Pengurangan Pokok Pajak Kendaraan

”saya bersama warga yang lainya juga pernah dilaporkan ke Polres Barito Utara atas tuduhan dalam proses pemortalan oleh warga,”ujar Mara (Bbg)