DPRD BATARA KUNJUNGI LAPAS KLASS II B MUARA TEWEH

oleh -36 views

Muara Teweh,Wakil Ketua II DPRD Barito Utara (Batara) H Acep Tion SH dan sejumlah anggota mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan Klass II B Muara Teweh, Kamis (4/12/2017).

Kunjungan yg menurut Acep sebagai bentuk kepedulian kepada warga Batara dan sekitarnya yang kebetulan sedang menjalani masa-masa pembinaan didalam lapas, guna menyerap aspirasi dan melihat secara langsung apa kegiatan warga binaan serta fasilitas yang ada.

“Inti dari pertemuan kita pada hari ini selain melihat secara langsung kegiatan warga binaan selama berada di dalam Lapas, namun juga sebagai bentuk kepedulian dan upaya meningkatkan silaturahmi kami sebagai wakil rakyat dengan warganya,” ungkap Acep.

Baca Juga :   Inspektorat Banyak Temukan Mark-Up, Camat Gunung Purei Minta Kades, BPD Dan TPK Sinkron

Menurutnya, meskipun saat ini Lapas Klass II B Muara Teweh kelebihan kapasitas, namun kami berharap para napi bisa merasa nyaman, dan yang terpenting bagaimana upaya-upaya yang dilakukan agar nanti saat kembali ke masyarakat bisa memiliki keterampilan dan keahlian.

“”Selain itu kami akan mencoba berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengupayakan agar para warga binaan yang belum memiliki izajah dapat mengikuti ujian paket. Baik paket A,B maupun C,” terang mantan anggota Polri yang sekarang menjadi politisi Partai PAN ini.

Ditambahkannya, dalam waktu dekat kami akan berkoordinasi dengan eksekutif apa-apa yang sifatnya urgen untuk memenuhi kebutuhan Lapas, yang pasti apapun yang nanti akan kita bantu tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku.

Baca Juga :   Difasilitasi Kadis PUPR Barut, 13 Perusahaan Akhirnya Sepakat Perbaiki Jalan Lahei - Luwe

“Kalaupun kita tidak bisa membantu untuk operasional Lapas, maka kita akan membantu di pembangunan fisik atau pengadaan mesin dan peralatan untuk menambah keterampilan warga binaan, melalui dana hibah di APBD Kabupaten Batara, pungkasnya.

Terpisah, Kalapas Klass II B Muara Teweh Sarwito Amd, IP SH menyambut baik kunjungan pimpinan DPRD Batara beserta anggotanya, dan berharap mendapat bantuan dari pemerintah daerah karena anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah pusat melalui Kemenkumham sangat terbatas.

Baca Juga :   H. Nadalsyah Tinjau Bangunan Tempat Isolasi Mandiri Terpadu di Eks Bandara Beringin Muara Teweh

“Harapan kami kedepan, dengan bantuan pemerintah daerah, diharapkan para warga warga binaan bisa memiliki keterampilan dan keahlian sehingga saat keluar dari sini bisa kembali bermasyarakat dan tidak melakukan kesalahan yang sama dan bertentangan dengan hukum,” jelas Sarwito.

Turut hadir dalam kegiatan tatap muka dengan dengan warga binaan tersebut, Kapolres Batara AKBP Dostan Matheus Siregar, Kabag Kesra Setda Batara Darma Riyadi, Kabag Umum M. Ikhsan dan Ketua Komisi I DPRD Batara Taufik Nugraha serta undangan lainnya.

(Ap)