DPRD Minta Pemkab Bartim Tingkatkan Pendapatan dari Pelabuhan Telang Baru

oleh -54 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Pelabuhan di Desa Telang Baru Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah, adalah salah satu aset pemerintah pusat yang minim pengelolaan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Bartim, harusnya aset tersebut dikelola dengan baik sehinga bisa menambah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup besar.

Anggota DPRD Bartim harapkan Pelabuhan Telang Baru bisa menjadi penyumbang bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup besar, tentunya melalui pengelolaaan yang benar dari dinas terkait.

Baca Juga :   Ketua DPRD Barito Timur Minta Masyarakat Mendukung Kegiatan TMMD

Hal tersebut disampaikan Anggota DPRD Wahyudinnoor SP, MP “Pelabuhan Telang Baru harusnya dikelola dengan baik, sehingga bisa menjadi penyumbang bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup besar,dari aset tersebut”, ucapnya Rabu (13/01/2021).

Dirinya meminta Pemda Bartim memperhatikan hal tersebut, karena sumbangan untuk PAD dari Pelabuhan Telang Baru pada tahun 2020 hanya sekitar Rp. 75 Juta, pada tahu sebelumnya Rp. 25 Juta.

“Sangat disayangkan, karena Pelabuhan tersebut semasa pemerintahan sebelumnya bisa menghasilkan lebih dari Satu Miliar”, ungkapnya.

Baca Juga :   DPRD Bartim Dengarkan Jawaban Kepala Daerah Atas Pemandangan Umum Fraksi Terhadap Raperda APBD Tahun 2021

Menurut Ketua DPC PKB Bartim tersebut, saat ini pengelolaan pelabuhan Telang Baru ada yang kurang tepat, oleh karena itu kami saat melakukan rapat kerja dengan dinas terkait meminta pelabuhan Telang Baru agar dimanfaatkan secara maksimal.

“Beberapa tahun ini, sebenarnya bisa kita manfaatkan karena ada beberapa perusaahan sawit yang berivestasi di Bartim, sekarang mereka menggunakan pelabuhan lain untuk melakukan bongkar muat di daerah Kabupaten Barito Selatan, tentu saja hal ini sangat disayangkan”, lanjutnya.

Seharusnya mereka memberikan kontribusi untuk Pemkab Bartim, kita menyayangkan aset yang nilainya Puluhan Miliar digelontorkan pemerintah pusat ini belum dikelola dengan benar.

Baca Juga :   Rapat Paripurna Digelar Untuk Mendengarkan Penyampaian Pendapat Akhir Kepala Daerah Atas Raperda Inisiatif DPRD Bartim

Status pelabuhan Telang Baru masih dalam proses pengurusan, kita berharap pada tahun 2021 ini pelabuhan tersebut bisa diserahkan kepada Pemkab Bartim, tentunya dengan komitmen Pemkab Bartim memang harus berupaya mengusahakan hal tersebut, jangan dibiarkan

“Ini harus menjadi perhatian serius Pemkab Bartim, sehingga bisa menggenjot PAD Bartim kedepannya”, pungkasnya. (Ahmad Fahrizali).