Dua dari Lima Kawanan Maling Motor Trail Berhasil Diringkus

oleh -505 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Satuan Reskrim Polres Barito Utara, Polda Kalteng berhasil meringkus  dua kawanan pelaku pencurian sepeda motor trail yang meresahkan warga Muara Teweh beberapa waktu lalu. Tersangka MZ Als AZ (28) dan AT (27) ditangkap di dua tempat berbeda.

Keduanya diduga sebagai anggota sindikat pencuri sepeda motor lintas provinsi. Kelompok ini spesialis menggondol motor trail Honda CRF.

Selama jaringan beranggotakan MZ, AT, dan tiga rekannya yang masih buron beroperasi di Muara Teweh, delapan sepeda motor trail Honda CRF raib. Pencurian terjadi selama September – Oktober 2021.

Kapolres Barito Utara AKBP Dodo Hendro Kusuma melalui Kepala Satuan Reskrim AKP M Tommy Palayukan, Senin (29/11/2021) petang membenarkan, dua tersangka pencuri sepeda motor ditangkap di Muara Teweh dan Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

“Penangkapan tersangka AT di Kalsel bekerjasama dengan Polres Balangan, Polres HST, dan Polsek Halong. Enam unit sepeda motor Honda trail CRF disita dari kedua tersangka. Sindikat ini beraksi lintas provinsi,” ujar Tommy.

Baca Juga :   Semprotkan Cairan Desinfektan Dijalan Raya, Polres Sukamara Turunkan Mobil AWC

Dari enam unit kendaraan tersebut, salah satunya teridentifikasi milik Harin, karyawan PT WIKI. Nomor polisi KH 2419 ES.

Menurut Kasat Reskrim, pengungkapan sindikat curanmor ini berdasarkan dari rekaman CCTV disekitar TKP. Dari hasil CCTV tersebut dilakukan penyelidikan lebih lanjut dan diketahui bahwa pemilik sepeda motor yang digunakan pelaku milik seseorang yang bernama HR dan memiliki teman yang tinggal di Jalan  Pararawen, Kelurahan Melayu, Kec. Teweh Tengah, bernama MZ Als AZ.

Kemudian pada hari Jumat tanggal 12 November 2021, anggota Unit Buser Sat Reskrim Polres Barut berhasil menangkap tersangka MZ Als AZ, di rumah barak Jalan  Pararawen

“Dari keterangan tersangka MZ Als AZ Als AAY mengakui perbuatannya melakukan pencurian 1 (satu) unit sepeda motor merk Honda CRF warna merah putih dengan No.Pol : KH 2419 ES dan 7 (tujuh) unit sepeda motor Honda CRF di TKP berbeda yang ada di wilkum Polres Barito Utara bersama dengan 4 (empat) temannya yang bernama AMAT
HARIN, BUSU dan MURDI,” jelas Tommy.

Baca Juga :   Klaim Lahan yang Kembali Mencuat di PT AGU Ternyata Sudah Inkrah Sejak Tahun 2015

Tersangka MZ Als AZ mengatakan bahwa temannya yang bernama AT berada di Kecamatan Pandawan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Kemudian pada hari Sabtu tanggal 13 November 2021, anggota Unit Buser Sat Reskrim Polres Barut dan anggota unit Buser Sat Reskrim Polres Hulu Sungai Tengah berhasil menangkap tersangka AT Bin CC, di rumah Desa Walatung, Kecamatan  Pandawan.

Tersangka AT Bin CC mengatakan perannya menemani tersangka HR dan mengawasi tersangka HR pada saat membuka kunci sepada motor dan setelah itu membantu mendorong sepada motor tersebut dan mambawa sepada motor hasil curian ke Barabai.

Baca Juga :   KP.XVIII-1004 Ditpolairud Terus Jaga Kekompakan Untuk Menjaga Kamtibmas di Perairan

Tersangka MZ Als AZ Als AY berperan menghubungi atau mengajak AT dan HR ke Muara Teweh untuk mencuri sepeda motor serta mengecek atau mencari tempat sasaran yang ada di Muara Teweh dan berperan mengawasi keadaan sekitar tempat mencuri sepeda motor.

Kedua tersangka menjelaskan bahwa melakukan pencurian dengan cara merusak kunci stang kemudian sepeda motor didorong jauh dari tempat korban, setelah merasa aman barulah para tersangka merakit kabel yang ada di sepeda motor hasil curian sehingga bisa menyala tanpa menggunakan kunci.

” Untuk kedua pelaku akan disangkakan Pasal 363 Juncto pasal  362 KUH Pidana, dengan ancaman 7 tahun penjara,” tutup AKP M.  Tommy.

(AP)