Festival Tandak Intan Kaharingan Tingkat Kabupaten Barut Siap di Gelar

oleh -54 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Festival Tandak Intan Kaharingan tingkat Kabupaten Barito Utara akan dilaksanakan di Balai Antang, Muara Teweh, pada tanggal 29 Oktober sampai dengan 1 Nopember 2018. Demikian yang dikatakan sekretaris lembaga festival tandak intan kaharingan Aryosi Jiono.

Kegiatan ini mengambil tema kita tingkatkan iman dan taqwa sebagai landasan terbentuknya akhlak yang mulia menuju masyarakat barito utara bermartabat, Relegius, Kuat, Amanah, dan Harmonis.

“Pelaksanaan ini adalah merupakan momen strategis dalam rangka memberikan penyadaran dan pemahaman terhadap ajaran itu sendiri, karena memberikan hak sebagai hak beragama telah diberikan kebebasan beragama seluas-luasnya,” ucap Aryosi kepada tewenews.com di Muara Teweh, Senin (29/10/2018) sore.

Dia menjelaskan, Festival Tandak Intan Kaharingan merupakan salah satu upaya masuknya Hindu Kaharingan yang ada di Kabupaten barut untuk mengekspresikan diri terhadap pengkhayatan dan pengamalan ajaran Ranying Hatalla, yang diwujudkan dalam lantunan berbagai Kidung Rohani dengan tujuan agar Hindu Kaharingan mampu mengamalkan dan menerapkan ajaran Ranying Hatalla dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan ini merupakan persiapan untuk menuju festival tandak intan kaharingan tingkat pusat di Tamiang Layang,”papar Aryosi yang juga sebagai ketua Pemuda Hindu.

Dia pun berharap, pelaksanaan Festival Tandak Intan Kaharingan tahun ini dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar serta hasil yang bermanfaat bagi kemajuan Umat Hindu Kaharingan dan masyarakat dalam membangun Kabupaten Barito Utara.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada prmerintah kabupaten barito utara, yang selama ini sudah membatu walaupun hal itu kami rasa masih kurang maksimal,”pungkasnya.(Tim)