Gara-gara Listrik, Puskesmas Lampeong Tak Memiliki Dokter Umum

oleh -202 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Ketiadaan listrik di Kecamatan Gunung Purei, Kabupaten Barito Utara, berdampak terhadap kinerja layanan kesehatan. Hingga kini Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) di Lampeong tidak memiliki dokter umum, karena mereka enggan bertugas dalam situasi gelap gulita.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) PKM Lampeong, Eddy Supiano mengungkapkan, setiap dokter umum maupun perawat yang bertugas di instansinya tidak betah. Sebab, daerah tersebut terisolasi dan belum teraliri jaringan listrik.

Baca Juga :   Enggan Tanda Tangan, Kades Linon Besi I Disinyalir Tak Akui Hak Waris Ulayat Adat

“Kami minta listrik diperhatikan, karena itu salah satu penyebab pegawai puskesmas tidak betah”, ungkap Eddy, Kamis, (11/10/2018).

Baca Juga :   Minta Kades Lampeong II di Usut, Warga Ancam Demo Polres dan Kantor Bupati

Ditambahkan Eddy, imbas tidak ada dokter umum, pihaknya sangat kesulitan dalam melayani pasien terutama penyuntikan vaksin atau serum, karena perawat dan bidan tidak boleh melakukan penyuntikan.

“Jika itu dilakukan maka akan mengakibatkan malpraktek, dan inilah imbas ketiadaan listrik tersebut”, imbuh Eddy.

Baca Juga :   Purna Paskibra Gunung Purei Bertekad Menjadi Abdi Negara Melalui Saka Wira Kartika

Disamping itu, lemari pendingin (preeser) tempat penyimpanan obat dan vaksin juga tidak berfungsi karena ketiadaan listrik. Sehingga di khawatirkan terkontaminasi sebelum diberikan kepada pasien. (Taufik/Tim)