Hadiri Pembinaan Lembaga Desa, Babinsa Ingatkan Keamanan dan Waspada Bencal dan Wabah Penyakit

oleh -46 views

TEWENEWS, Cilacap – Babinsa Sarwadadi Koramil 09/Kawunganten Serka Sodirin ingatkan Lembaga Desa diantaranya BPD, LPPMD, Ketua RT, Ketua RW dan Linmas agar kompak dan bisa menjaga keamanan di lingkungannya masing-masing, dikarenakan keamanan lingkungan akan berimbas kepada keamanan Nasional.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat mengisi kegiatan pembinaan Lembaga Desa dan Linmas yang dilaksanakan di Balai Desa Sarwadadi Kecamatan Kawunganten, Sabtu (11/1/20).

Selain Babinsa, pembinaan juga di lakukan oleh Kasitrantibum Kecamatan Kawunganten Maryoto, Babinkantibmas Polsek Kawunganten Brigadir Rubangi dan Kades Sarwadadi diikuti Ketua BPD, Ketua LPPMD, Ketua RT, Ketua RW dan Anggota Linmas.

Baca Juga :   Babinsa dan Dinas Perdagangan Operasi Sidak Masker di Pasar Legi Solo

Dalam kesempatan tersebut, Serka Sodirin juga mengingatkan agar masyarakat waspada terhadap bencana alam yang bisa kapan saja terjadi, mengingat curah hujan semakin tinggi dan banyak genangan-genangan air yang menjadi sarang berkembangnya jentik-jentik nyamuk. Terkait bahaya terjangkitnya wabah penyakit, dia ajak masyarakat untuk membersihkan dan mengubur kaleng-kaleng bekas yang menumpuk disekitar lingkungannya.

Baca Juga :   Danramil Kroya Terjun ke Lapangan Bantu Satgas TMMD

” Kuras dan bersihkan bak mandi serta kubur kaleng-kaleng bekas agar tidak menjadi tempat berkembangnya nyamuk Aedes aegypti penyebab DBD. Kemudian dalam menghadapi bencana yang di mungkinkan terjadi, mari sama-sama kita siapkan lingkungan kita dengan baik, laksanakan kerja bakti, bersihkan selokan dan bila dimungkinkan pohon tumbang lebih baik di tebang, karena mencegah lebih baik sebelum terjadi”, tegasnya.

Baca Juga :   Stok Darah PMI Berkurang, Prajurit Wijayakusuma Donorkan Darah

Sebelumnya ditempat yang sama Kasitrantibum Kecamatan Kawunganten Maryoto dalam penyampaiannya juga mengingatkan agar Linmas dan ketua RT/RW saling berkoordinasi dalam menanggulangi hal-hal yang terjadi di lingkungan serta melaporkan bila ada orang-orang yang tidak dikenal dan tidak memiliki identitas.

“Setiap kejadian dilingkungan jangan di selesaikan sendiri-sendiri, mari jaga lingkungan agar tetap kondusif sehingga Desa Sarwadadi semakin maju”, ajaknya.(Totong/Urip)