Hadiri Peresmian Kampung KB, TNI Siap Menjadi Terdepan Berikan Pencerahan Kepada Masyarakat

oleh -60 views

TEWENEWS, Cilacap – Batituud Koramil 08/Adipala Kodim 0703/Cilacap Pelda Wahidin menghadiri peresmian Kampung KB Bunda Lestari dan Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Jln. Jeruk Desa Pedasong Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap, Rabu (20/11/19).

Peresmian ini dilakukan oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Dr. Ira Tanti Samsul Auliya Rahman. Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas KB PP & PA Kabupaten Cilacap Murniyah, Camat Adipala Drs Teguh Prastowo M.Si., Brigadir Suparjo dari Polsek Adipala, Sadiono, S.Pd perwakilan Korwil kecamatan Adipala, Kepala Puskesmas Adipala 1 Dr Edi Sucipto, Kepala Puskesmas Adipala 2 Dr Ary Windi Hardanu, Koordinator PLKB Kecamatan Adipala Drs Asmuni, anggota Persit KCK Ranting 09, anggota Bayangkari Polsek Adipala, para Kepala Desa dan Ketua TP PKK se Kecamatan Adipala.

Baca Juga :   Pengambilan Sumpah dan Janji  Perangkat Desa Gandrungmanis, Ini Yang di Sampaikan Kades Rasimin

Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ira Tanti Samsul Auliya Rahman dan dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa tempat seperti ke Bina Keluarga Lansia (BKL) “Margi Lestari “, Pusat Informasi dan Konsling remaja ( PIK ) “Ceria”, Bina Keluarga Remaja ( BKR), Pos Bindu Indah Lestari, Bina Keluarga Balita “Margi Rahayu 2”, Kelompok Wanita Tani ( KWT ) “Margi Lestari”.

Baca Juga :   Dandim Cilacap Turut Bela Sungkawa Atas Meninggalnya Salah Satu Tokoh Agama Kabupaten Cilacap

Menyikapi kegiatan ini, Pelda Wahidin selaku anggota TNI mempunyai kewajiban untuk mendukung kegiatan Kampung KB. Hal itu sebagaimana yang telah disepakati antara TNI dan BKKBN dimana salah satu penekanan utama Kampung KB adalah Kependudukan dan KB, yang diantaranya mengenai kependudukan, pendidikan, kesejahteraan hingga perencanaan pernikahan.

” Sebagai anggota TNI, kita harus menjadi yang terdepan dengan Penyuluh Keluarga Berencana untuk memberikan pencerahan-pencerahan kepada masyarakat tentang program-program Kependudukan dan KB. Langkah ini dimaksudkan agar dapat merubah perilaku masyarakat dari kurang baik menjadi baik, terutama dibidang kependudukan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Dapat Kuota PTSL Terbanyak, BPN Cilacap Gandeng Babinsa

Dia meyakini keberadaan Kampung KB ini bukan hanya terkait dengan kontrasepsi, namun proses perencanaan semua hal dalam keluarga. “Kampung KB membuat semua pihak bergerak, saling mendukung sehingga bukan hanya pemerintah yang bekerja, tetapi warganya turut serta karena sudah berkomitmen dalam pembentukan Kampung KB,” tandasnya.(Totong/Urip)