Hari Pangan Sedunia, 460 Paket Sayuran Dibagikan kepada Warga 

oleh -89 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Oktober 2021 kemarin, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Barito Utara (Barut), ibu-ibu Bhayangkari dan ibu-ibu Persit Kartika Chandara Kirana membagikan beragam sayuran yang di kemas menjadi satu paketan kepada warga masyarakat, di bundaran Air Mancur Muara Teweh, Jum’at (22/10/2021).

Kepala Dinas KPP Barito Utara Ir Sugeng usai membangikan paket sayuran kepada wartawan mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka memperingati Hari Pangan Se dunia yang ke 41 tahun 2021.

Baca Juga :   Patroli Dialogis Polsek Kapuas Timur Selalu Imbau Warga Cegah Penyebaran Covid-19

Dalam kegiatan ini kita mengadakan aksi pembagian pangan berupa sayur-sayuran dan pangan lokal. Kita mendapatkan dukungan dari Tim penggerak PKK Barito Utara, Ketua Bhayangkari, ada Ketua Persit Chandara Kirana dan ada dukungan dari SMAN-4 Muara Teweh,” katanya.

Dikatakan Kadis DKPP, sayur-sayuran segar yang dibagikan melalui tanaman hidroponik di Barito Utara diantaranya pokcay, terong, tomat, gambas dan lain-lain sebagainya. “Ada juga buah buahan yang kita bagikan,” ujarnya.

Selain itu juga, pembagian sayuran pada hari ini, juga memberikan pangan lokal karena untuk mengedukasi kepada masyarakat bahwa pangan lokal yang harus di gaungkan untuk sekarang di saat pandemi harus banyak mengkonsumsi sayur-sayuran. “Perlu di ketahui sesuai pola pangan harapan Barito Utara, kami dukung gemar makan sayuran dan ikan,” tuturnya.

Baca Juga :   Kunker di Polres Kobar, Kapolda Kalteng Disambut Adat Kesultanan Dan Tinjau Vaksinasi Massal

Hal ini kata dia dikarenakan masa pandemi yang harus dipulihkan dan imun yang harus di tingkatkan supaya masyarakat Barito Utara selalu sehat dan kita edukasi untuk memakan makanan yang bergizi seimbang dan aman. “Untuk itu kesehatan kita mulai dari bayi sampai dewasa sampai usia senja harus memakan makanan yang beragam dan bergizi seimbang,” kata Sugeng.

Baca Juga :   Bhabinkamtibmas Polsek Pantai Lunci sosialisasikan Saber pungli

Sugeng juga mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan ini juga untuk mengatasi stunting, oleh karena itu Kabupaten Barito Utara masyarakatnya harus memperbanyak memakan sayuran dan ikan juga buah-buahan. “Terutama kami dari ketahanan pangan akan memberikan edukasi sekaligus memotipasi kepada rekan-rekan dan masyarakat di wilayah Barito Utara,” imbuhnya.

Adapun jumlah sayuran yang sudah dikemas menjadi satu dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Barito Utara berjumlah 200 paket berasal dari kebun PKK serta 150 kemasan kolak, dan sayuran dari DKPP berjumlah 200 paket serta 60 paket dari Bhayangkari Barito Utara.

(AP/Tim)