Hasil Panen Padi Sawah Varietas Intani di Lahan Poktan Mitra Laba Memuaskan

oleh -38 views

TEWENEWS, Barito Utara – Bupati Barito Utara H Nadalsyah bersama Wakil Bupati Sugianto Panala Putra dan pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara melaksanakan panen bersama padi sawah varietas intani di lahan kelompok tani (Poktan) Mitra Laba Desa Paring Lahung Kecamatan Montallat, Kamis (19/1/2023) dengan hasil yang memuaskan.

Selain bupati dan pejabat lingkup Pemkab barito Utara, panen bersama ini juga dihadiri anggota DPR RI Dapil Kalimantan Tengah Bambang Purwanto dan Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah H Jimmy Carter.

“Beberapa waktu yang lalu pada musim tanam sebelumnya, kita telah melaksanakan panen padi sawah varietas inpari-30 di lahan ini dengan hasil panen yang memuaskan dan pada musim tanam ini kembali kita tanam jenis padi sawah dengan varietas intani yang kita panen pada hari ini,” kata bupati H Nadalsyah.

Kita kata Nadalsyah patut berbangga dan senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas hasil panen sebelumnya. “Dan Alhamdulillah panen hari ini dengan varietas yang berbeda juga menghasilkan panen yang memuaskan, karena pada lahan ini yang semula berupa semak belukar dan lahan tidur yang kita fungsikan menjadi lahan produktif sehingga dapat memberikan hasil yang optimal,” kata H Koyem panggilan akrab bupati.

Dikatakan H Kotem, sektor pertanian khususnya sub sektor tanaman pangan memegang peranan penting dan strategis dalam membangun perekonomian di wilayah Kabupaten Barito Utara.

Oleh karena itu jelasnya perlu terus untuk kita upayakan dikembangkan, karena berperan sebagai penyedia pangan daerah dan membuka lapangan kerja bagi para pemuda dan masyarakat di pedesaan demi terwujudnya kesejahteraan di dalam masyarakat itu sendiri.

“Karena sumber daya alam di Kabupaten Barito Utara sangat mendukung untuk pengembangan bidang pertanian,” kata dia lagi.

Pada kesempatan tersebut Bupati Nadalsyah menghimbau kepada Camat dan Lurah serta Kepala Desa se Kabupaten Barito Utara agar bisa menganggarkan dana pada PAPBDesa untuk pembangunan pertanian terutama sub sektor tanaman pangan.

“Dan kepada para Camat, kepala desa/lurah agar dapat menggiring isu tersebut supaya bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan yaitu swasembada pangan dapat kita raih pada akhirnya dan tingkat inflasi di kabupaten kita tercinta ini mampu kita redam,” kata Bupati H Nadalsyah.

Hal tersebut ungkapnya seiring dengan amanat Peraturan Menteri Desa PDT No 7 tahun 2021 tentang prioritas dana desa yang salah satunya penggunaan program prioritas nasional sesuai dengan kewenangan desa yaitu penguatan ketahanan pangan, mengembangkan usaha pertanian lumbung pangan, pengolahaan hasil dan pemasaran.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran Pemprov Kalteng dan semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu yang telah mensukseskan kegiatan panen barsama ini, terlebih kepada para kelompok tani, para peneliti dan investor pertanian yang mendukung program pembangunan di bidang pertanian di daerah ini. Saya juga tidak bosan mengajak kepada para pemuda dan masyarakat kita semua “Ayo Bertani, Bertani Itu Keren”,” pungkasnya.

(AP/Tim)