Hauling Tambang Batu Bara PT. EBA di Duga Melebihi Tonase

oleh -739 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Houling batu bara yang melintas di jalan Kabupaten di Desa Terinsing Kecamatan Teweh Selatan, milik PT.Energitama Bumi Arum (EBA) mendapat teguran dari Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Utara, karena duga telah melibihi tonase.

Hal tersebut sesuai dengan surat nomor 550/05/Dishub/I/2021 tanggal 6 Januari 2021, perihal Tata Cara Pengangkutan Hasil Tambang dan Pemeliharaan Jalan Kabupaten.

Surat yang di tanda tangani oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, H. Fery Kusmiadi, menyatakan bahwa Tonase muatan angkutan hasil tambang (batu bara) tidak melebihi muatan Sumbu Terberat (MST) delapan Ton.

Baca Juga :   Awasi Prokes Masyarakat Beraktifitas, Kapolsek Pulau Petak Pimpin Ops Yustisi

Ditambahkan juga Semua unit angkutan hasil tambang (batu bara) yang melakukan hauling wajib menutup bak dengan terpal.
Selanjutnya, diisi surat tersebut dikatakan pada saat tidak turun hujan jalan kabupaten yang merupakan jalur hauling PT. EBA wajib dilakukan penyiraman secara continue.

Baca Juga :   Lagi.. Dua Pengedar Sabu Muara Teweh, Berlebaran di Penjara

Seorang warga yang tidak mau di sebutkan namanya kepada wartawan, mengatakan bahwa hingga saat ini angkutan batu bara yang di lakukan oleh PT. EBA masih melebihi muatan yang telah di tentukan oleh Dinas Perhubungan. “Bahkan PT. EBA di duga tidak mengantongi izin Pinjam Pakai Jalan,” Ujarnya.

Warga tersebut menyatakan jalan hauling yang di gunakan oleh PT. EBA sepanjang kurang lebih satu Kilometer tersebut masih digunakan oleh warga sekitar.

Baca Juga :   Taufik Nugraha Berulang Tahun di Bulan Ramadan, Ini Bertanda Kemenangan

“Saya berharap pihak terkait bisa turun langsung kelapangan untuk memonitor muatan haoling PT. EBA,” Pungkasnya.

Kepala Tekhnik Tambang PT.EBA Musa, saat di konfirmasi melalui WA pribadinya hingga berita ini di tayangkan belum memberikan tanggapan. (Tim).