Hijaukan Pesisir Pantai Selatan, Kodim 0703 Cilacap Tanam 2500 Pohon Kelapa

TEWENEWS, Cilacap – Dimasa sekarang ini pemanasan global menjadi isu yang paling populer dan sangat familiar ditelinga kita, mengingat dampak yang dapat ditimbulkan bagi kehidupan umat manusia. Hal ini tentunya menumbuhkan kepedulian dengan melakukan berbagai cara untuk mengatasinya, salah satunya yang dilakukan adalah dengan menanam pohon.

Pentingnya menanam pohon berdampak positif bagi kelestarian alam dan keberlangsungan hidup anak cucu yang hidup dimasa mendatang, yang merupakan generasi penerus bangsa. Terkait hal tersebut, Kodim 0703 Cilacap melaksanakan program penghijauan dengan menanam 2500 pohon kelapa yang ditanam secara serentak di beberapa titik di wilayah pesisir pantai selatan yang meliputi Pesisir Pantai Jetis, Pantai Widarapayung, Pantai Adipala dan Pantai Teluk Penyu Cilacap.

Adapun penanaman secara simbolis dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0703 Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, SE, M.Tr (Han) didampingi sejumlah pejabat Pemerintah dan komponen daerah bertempat di sepanjang pantai Teluk Penyu Cilacap, Jumat (24/1/2020).

Hadir dalam kegiatan, Dandim Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, SE, M.Tr (Han), Palaksa Lanal Letkol Laut (P) Bambang Hartono, Kabagsumda Polres Cilacap Kompol Sukirwan, Kadis Lingkungan Hidup Awaludin Muri beserta unsur Forkopimda, para Kepala Dinas Pemda, Kepala DPRD Cilacap Taufik Hidayat, Kasi Kejari Cilacap Heri Soemantri, SH, Kepala BPN Cilacap Yuli Mardiyono, Kepala Satpol PP Drs Yuliamal Sutrisno, M.Si, Kepala Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya, SH serta pimpinan BUMN dan stakeholder wilayah Cilacap.

Baca Juga :   Kapolres Cilacap Pimpin Apel Pasukan Oprasi Keselamatan

Kegiatan ini diikuti oleh ribuan personel gabungan dari jajaran Kodim 0703 Cilacap, Polres Cilacap, Pemda Cilacap, Basarnas, komponen masyarakat, Ormas Pemuda Pancasila, aktifis pecinta lingkungan serta mahasiswa dan pelajar setempat.

Dalam sambutanya Dandim mengatakan, upaya penghijauan dilahan-lahan kosong dilakukan sekaligus untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar menjaga keindahan alam mulai sekarang dengan melakukan kembali penghijauan sesuai tema yang diangkat yaitu “Bersama hijaukan bumi Indonesia untuk generasi penerus”.

“Ada banyak manfaat dengan adanya penghijauan ini diantaranya dapat mengantisipasi abrasi, gelombang pasang dan mengurangi dampak pemanasan global serta bencana lainnya. Untuk itu melalui kesempatan ini saya berharap apa yang saat ini kita tanam, hendaknya disiram dan dirawat sehingga dapat tumbuh dengan baik dan memberikan manfaat kepada anak cucu dan generasi kita nantinya,” katanya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa program penghijauan Kodim 0703 Cilacap adalah wujud kemanunggalan TNI Rakyat, dengan bersama sama melakukan penanam pohon penghijauan ini.

“Pohon kelapa dipilih untuk penghijauan karena sesuai dengan tipologi wilayah pesisir pantai, adapun sasaran adalah sepanjang pantai selatan Cilacap, untuk sampai dengan saat ini, totalnya kita sudah mencapai 2500 pohon, ” jelas Dandim. (Totong/Urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: