Hujan Deras 5 Jam, Ruas Jalan di Kabupaten Malaka Terendam Banjir

oleh -43 views

TEWENEWS, Malaka – Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Malaka (NTT) selama lima jam menyebabkan Jalur Provinsi yang menghubungkan daerah ini menuju Atambua di Desa Lakekun Barat,Kecamatan Kobalima,Kabupaten Malaka, terendam banjir setinggi 30 hingga 40 centimeter, Minggu sore (30/12/2018).

Akibat banjir tersebut membuat arus lalu lintas kendaraan mengalami kemacetan. Karena sejumlah kendaraan yang melintas terpaksa berhenti, karena jalan terendam air. Bahkan ada kendaraan roda dua yang melintas mogok hingga harus didorong,itu pun harus menunggu, ketika banjir sudah rendah.

Banjir yang merendam jalan penghubung antara beberapa kecamatan dan kabupaten tersebut disebabkan saluran irigrasi sempit. Beruntung hujan deras yang melanda wilayah Malaka tidak berlangsung lama dan mulai surut.

Warga setempat menduga banjir ini akibat drainase saluran kurang luas, atau kali tempat itu sangat kecil yang sangat sempit dan tidak bisa menahan air akibat hujan deras.

“Akibat banjir yang menerjang jalur utama yang menghubungkan antara Kabupaten Malaka ke Kabupaten Belu ini, dari kedua arah sempat mengalami kemacetan panjang. Bahkan pengendara yang nekad menerobos banjir mobil dan motor mengalami mogok.ucap salah seorang warga.tandasnya

Hal senada diucapkan warga yang melintasi jalan tersebut, perjalanan jadi terlambat tiba ke tempat tujuan akibat banjir yang melandai ruas jalan tersebut.

“Dirinya juga menambhkan, ketika sudah redah maka akan melanjutkan perjalananan menuju tempat tujuan,akan tetapi,kita akan menghadapi beberapa kali di area jalur ini yang belum ada jembatannya, walau ruas jalan sudah di hotmixkan sejak 2/3 tahun yang lalu, entah apa jembatannya belum dibangun.

“Sebagai masyarakat sangat menyangkan, tiga jembatan yang belum dibangun ini sangat menjadi penghambat untuk kami, apalagi pada akhir tahun seperti ini harus kunjung keluarga atau lainnya.

“Harapannya pemerintah daerah bisa usulkan ke Provinsi untuk pembangunan tiga jembatan yang menghubungkan kabupaten Belu dan Malaka,sebab jalur tersebut merupakan jalur provinsi bahkan jalur menuju Negara Timor Leste.ucapnya.(Beres)