Hukum Pidana bagi Pelaku Pembakaran Lahan sesuai Undang-undang

oleh -2 views

 

-Polres Sukamara -Jajaran Polres Sukamara Polda Kalteng gencarkan kegiatan patroli dan sosialisasi kepada warga masyarakat yang mempunyai lahan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar baik itu lahan pertanian maupun perkebunan, Rabu (19/4/23)

Kebakaran lahan merupakan permasalahan yang menjadi atensi pimpinan Polri dan Pemerintah serta menjadi perhatian kita bersama karena dampak negatif yang bisa ditimbulkan akibat dari kebakaran lahan bagi lingkungan maupun warga sekitar.

Melalui spanduk Personel Polres Sukamara Polda Kalteng menyampaikan kepada seluruh warga agar bersama menjaga lingkungan dan melaporkan segera jika mendapati suatu tindak pidana, pelaku dapat diancam dengan pidana penjara paling lama Sepuluh tahun dan denda paling banyak 10 Miliar Rupiah sebagaimana dimaksud dalam UU PPLH Nomor 32 Tahun 2009.

Dengan ditetapkannya UU PPLH tersebut masyarakat dalam membuka lahan pertanian atau perkebunan tidak dengan cara membakar lahan dan hutan. Sebab pembakar lahan bisa mendapatkan sanksi dan tindak pidana sesuai peraturan yang berlaku sebagai efek jera. (SRH)