Ilham Nor : Mari Bersama-sama Menjadi Saksi Sejarah Untuk Mewujudkan PSU Yang Berintegritas dan Bermartabat

oleh -64 views

TEWENEWS, MARTAPURA – Pelatihan saksi Haji Denny-Difri (H2D) pada hari Rabu (3/6/2021) di titik ke 13 dari keseluruhan 15 titik wilayah PSU Pilgub Kalsel berlangsung di desa Bawahan Selan Kecamatan Mataraman.

Adapun seluruh desa Kecamatan Mataraman berjumlah 62 TPS dan peserta pelatihan puluhan orang itu terlihat antusias dan bersemangat dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Materi pelatihan untuk relawan saksi disampaikan secara bergantian oleh Tim 8 Propinsi yang juga merupakan anggota koalisi partai pengusung H2D, diantaranya oleh Ilham Nor, Taufikurrahman, Basuni, Rachmadi Engot dan H Noor Hadi.

Disela kegiatan Ilham Nor mengatakan wilayah Mataraman yang merupakan wilayah PSU menjadi perhatian khusus bagi H2D untuk menciptakan PSU yg demokratis, jujur dan adil. Para saksi dari H2D diminta untuk lebih teliti dan militan lagi. Kecurangan yang terjadi pada pilgub lalu menjadi pengalaman berharga sehingga harus menjadi pelajaran bagi Tim H2D beserta para relawan saksi agar kecurangan itu bisa dihilangkan.

Baca Juga :   Kapolda Riau Ajak Aktifkan Posko PPKM Mikro Pada Area Publik dan Kawasan Tertentu di Riau

“Mari bersama-sama menjadi saksi sejarah untuk mewujudkan PSU yang berintegritas, bermartabat,” tegas Sekretaris Partai Gerindra Kalsel ini.

Sementara itu Taufikurrahman yang juga pemateri dari anggota Tim 8 menyampaikan tentang bagaimana semestinya para saksi bertindak di TPS saat sedang pencoblosan. Memastikan jumlah pemilih, menghitung jumlah kertas suara sebelum dan sesudah dicoblos, berani menyampaikan dan melakukan interupsi jika ada melihat hal yang janggal atau kecurangan.

H Noor Hadi salahsatu anggota tim 8 mengatakan bahwa terkait kegiatan pelatihan saksi pihaknya sebagai partai koalisi sangat menyambut dengan senang hati. Kegiatan ini sangat penting dan relawan saksi sangat antusias mengikuti pelatihan saksi ini.

Baca Juga :   Polsek Aruta Imbau Dan Sosialisasi Kepada Warga Tentang Larangan Karhutla

“Merekapun bertekad untuk memenangkan calon gubernur kalsel pasangan Haji Denny- Difri pada PSU 9 juni ini,”

“Saya menghimbau kepada para saksi parpol dan relawan agar bisa militan di lokasi / TPS masing-masing saat menjalankan tugas amanah H2D dan jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan,” ujar Ketua DPD partai Garuda kalsel ini.

Sementara itu seorang relawan saksi Rachma yang mengikuti pelatihan mengatakan dia termotivasi untuk mendukung dan menenangkan H2D.

Menurut Rachma, dia merasa kecewa dan gemas atas kecurangan yang terjadi pada Pilgub lalu karena dia yakin Paslon H2D yang didukungnya menang. “Makanya dalam PSU nanti seluruh tim dan relawan harus lebih solid.” ujar Rachma.

Baca Juga :   Musim Kemarau Polsek Mendawai Sosialisasi Karhutla

Saksi lainnya, Samijan warga RT 4 desa Mataraman Kecamatan Mataraman mengaku kecewa dengan pemerintah selama ini tidak pernah memperhatikan desa mereka. jalan di desa mereka berjarak 1,5 kilometer belum diaspal padahal berada dibelakang kantor Kecamatan.

Selain infrastruktur yang sangat tertinggal , Samijan juga mengeluhkan tentang adanya penambangan batubara yang tidak jauh dari lahan pertanian masyarakat.

Akibat penambangan batubara di daerah atas tersebut kata Samijan, air mulai kuning turun kebawah ke wilayah pertanian padahal pertanian satu-satunya usaha masyarakat.

“Untuk itu kami termotivasi untuk menjadi saksi dan mengukung H2D agar menang, kami sebagian besar masyarakat disini ingin perubahan,” tandas Samijan.(yan/kan)