Ini Himbauan, Danramil 06/CK dan Kapolsek Cakung Saat Redam Aksi Buruh

oleh -35 views

TEWENEWS, Jakarta Timur – KIP (Kawasan Industri Pulogadung) sebagai tempat lokasi titik kumpul pemberangkatan aksi buruh yang akan melaksanakan Aksi unjuk rasa ke gedung DPR/MPR ini mendapatkan pengamanan dari personel gabungan Koramil – Polsek dan Satpol PP Kecamatan Cakung, Rabu (2/10/2019).

Pengamanan gabungan TNI/Polri Satpol PP yang dipimpin Kabag Ops Akbp R. Arif Setiawan, SH yang didampingi Kasat Shabara AKBP Drs. Gunawan, SH., Kapolsek Cakung Kompol Pandji dan Danramil 06/Cakung Kapten Inf Sayidan, SE., dengan jumlah 337 pasukan pengamanan gabungan untuk mengamankan Tikpul keberangkatan massa buruh gabungan yang terdiri dari (DPC FSPMI KSPI, DPC FSP KEP SPSI, FBK, SP FARKES, SPN) dari wilayah Jakarta Timur.

Danramil 06/Cakung Kapten inf Sayidan, SE memberikan pengarahan pada massa buruh yang akan berangkat Aksi Unjuk Rasa (AUR) ke Gedung DPR/MPR
“Rekan rekan buruh agar menjaga keamanan dan keselamatan baik pada saat mau berangkat maupun kembalinya nanti, jaga nama baik organisasi serikat kerja mengingat selama ini rekan-rekan buruh sudah cukup baik dalam kegiatan aksi unjuk rasa dengan tidak rusuh ataupun mengganggu ketertiban umum dan juga rekan buruh,” tegas Danramil.

Baca Juga :   Kapolda Kalteng Beri reward kepada Personel Berprestasi, Launching TV dan Radio Presisi Serta Genose

“Jangan mudah atau gampang terprovokasi oleh tumpangan gelap yang akan membuat onar nantinya dan tetap menjaga mengamankan massanya dari tindakan yang mengarah rusuh/bentrok massa,” tambah Danramil.

Massa buruh FSPMI sebanyak ±
1000 orang tiba bundaran Pajak dengan menggunakan 1 Mokom dan 1 kendaraan pribadi yang ditempel keranda buatan.

Spanduk yang dibawa dan dipampang dengan kata-kata sbb :

– FSPMI DKI Jakarta tolak revisi UU 13/2003 ketenagakerjaan pemagangan berkualitas.
– Tolak langkah BPJS kesehatan menon aktif kan 5,2 juta peserta penerima bantuan iuran (PBI)
– Tolak kenaikan iuran BPJS kesehatan.
– Nasib buruh bukan untuk diputar, dijilat lalu dicelupin, Revisi UU ketenagakerjaan lebih kejam dari Undangan Mantan, Negara sudah darurat sampai hobi lembur rela ikut demo biar gak tambah melarat.

Sementara itu sambil menunggu rekan-rekan massanya, beberapa koordinator aksi melakukan orasi. “Hari ini suara buruh akan menuntut keadilan, di mana para dewan yang sudah dilantik maukah menerima kritik kita. Kritik kita akan berdampak pada perekonomian bangsa. Ucapan terimakasih kepada Polri, TNI satpol PP yang sudah mengawal rekan-rekan buruh dalam pelaksanaan aksi,” urai Samsuri.

Baca Juga :   Jayakarta Memanggil Dalam Loe Gue Run 2020

“Insya Allah kita semua mendapatkan pahala baik kawan-kawan yang berjuang maupun para aparat kita yang menjaga kita. Rekan-rekan mohon applause buat mereka. Rencana kita semua akan menuju Gedung DPR dan jangan sampai kita disusupi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, semua instruksi ada di mobil komando apabila ada instruksi balik kanan kita balik kanan. Kita saksikan kejadian belakangan ini jangan sampai aksi damai kita jadi ternodai, Himbauan agar kita jangan keluar dari konteks tuntutan kita,” pungkas Winarso.

Baca Juga :   Kapolres dan Dandim 0505/Jakarta Timur Cek Kesiapan Petugas Gabungan Lilin Jaya

Masih di tempat yang sama, Kapolsek Cakung mengungkapkan apresiasinya, “Terimakasih kami ucapkan bahwa kami TNI – Polri bisa diterima rekan-rekan buruh, Saya bangga terhadap semua buruh yang hari ini menggelar aksi yang telah memperjuangkan hak buruhnya dengan tekad aksi damai. Saya ucapkan selamat berjuang Rekan-rekan semoga perjuangan buruh bisa terealisasikan dengan baik dan diterima oleh anggota DPR yang baru dilantik,” tandas Kapolsek Cakung Kompol Pandji Santoso, SIK.

Route aksi yang dilalui yakni Bundaran Pajak, melingkar di Kawasan Industri Pulogadung, keluar TL. Tugas, Jl. Pemuda, Jl. A. Yani, Cawang, Lanjut MT. Haryono dan Gatot Subroto lanjut gedung DPR.

“Pengawalan kegiatan aksi buruh dari titik kumpul KIP sampai dengan perjalanan sampai dengan perbatasan wilayah Jakarta Timur sampai Jakarta Selatan berjalan tertib dan kondusif,” tutup Kapolsek Cakung. (M.Solichin)