Ini Pesan Dandim 0503/JB Saat Ngopi Bareng dengan Penggiat Usaha Jakarta Barat

oleh -5 views

TEWENEWS, Jakarta Barat – Kodim 0503/Jakarta Barat menggelar kegiatan Ngopi Bareng Dengan para Penggiat Usaha bertempat di Aula Makodim 0503/JB, Jl. Letjen Sm Parman No.3 Kelurahan Tomang, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Selasa (21/6/2022).

Giat Ngopi Bareng yang dipimpin oleh Dandim 0503/JB Kolonel Kav I Made Maha Yudhiksa, S.Sos., M.M., ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dalam giat ini turut dihadiri oleh Kasdim 0503/JB Letkol Inf Dwi Tamtomo, S.I.P., Pasi Inteldim 0503/JB Mayor Inf Missin MD, Dan Unit Inteldim 0503/JB Kapten Inf Irwan Triyono dan para Penggiat Usaha yang ada di wilayah Jakarta Barat.

Di awal sambutannya, Dandim 0503/JB Kolonel Kav I Made Maha Yudhiksa, S.Sos., M.M., mengucapkan, “Salam Pancasila! Salam Pancasila ini harus disosialisasikan karena ini merupakan petunjuk dari pimpinan. Jadi setiap kali kita melaksanakan kegiatan awal maupun akhir kita ucapkan salam Pancasila dengan tangan seperti ini”.

Dirinya memaparkan tentang sejarah pembinaan teritorial, kemudian menjelaskan perang gerilya sebagai cikal bakal dari BINTER yang intinya adalah bagaimana mengajak Rakyat untuk bersama-sama berjuang guna memenangkan pertempuran

“Kalau tujuan Pembinaan Teritorial (Binter) adalah kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Outcomes (manfaat) nya adalah Mewujudkan Ketahanan Nasional”, ungkap Dandim

Lebih lanjut, Perwira Menengah jebolan Akmil Abituren 1999 ini menguraikan, “Tujuan Binter itu menyiapkan RAK juang yang tangguh. Ruang adalah Geografi, Alat adalah Demografi dan Kondisi adalah Ipoleksosbudhankam”.

“Saat ini yang sedang dilaksanakan oleh Korem 052/Wijayakrama adalah dalam rangka menyiapkan Demografi atau Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dengan program pelatihan keterampilan bagi di Institut Bina Manajemen ASMI Jakarta”, tegas Dandim.

Seperti diketahui, Kegiatan Pemberdayaan dan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa pelatihan ketrampilan adalah hasil Kolaborasi Korem 052/Wijayakrama dan IBM Asmi yang telah dibuka langsung oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto pada tanggal 8 Juni 2022 lalu bertempat di Kampus IBM Asmi. (M.Solichin)