Intensitas Hujan Tinggi Menyebabkan Pohon Tumbang dan Rumah Warga Kebanjiran

oleh -13 views

TEWENEWS, Mojokerto –  Curah hujan cukup tinggi mengguyur Kota Mojokerto, Jawa Timur, dalam beberapa minggu terkahir menyebabkan banjir dan pohon tumbang. Hal itu di perparah dengan kondisi tanah di sekitar yang labil.

Seperti pada hari, Jum’at (18/1), warga Kabupaten Mojosari, Pungging, Ngoro, Kutorejo, Pacet, Trawas, Jatirejo, Gondang, Mojoanyar, dan Bangsal, mengalami kejadian itu. Tidak hanya  pohon tumbang saja, peristiwa pada sore hari itu mengakibatkan air meluap dan menggenangi sebagian pemukiman warga.

Baca Juga :   Kegiatan Pelaksanaan Pengamanan Pemeriksaan RT-PCR Di Kedatangan Bandara H Asan Sampit

Dari pantauan tewenews.com, di lokasi pagi ini, Sabtu (19/1/2019) banjir yang mengenanggi rumah warga sudah mulai surut. Para relawan yang di terjunkan bahu membahu membersihkan  sisa pohon yang tumbang dan membuat tanggul buatan dari karung agar tidak terjadi banjir susulan,

Selain para relawan yang ada di lokasi terlihat ada dari BPBD Mojokerto, TNI dan Polri, turut membantu warga dalam melakukan pembersihan pohon tumbang.

Baca Juga :   Festival Takabonerate 2019, Siap Dihelat Pemkab Kepulauan Selayar

“Kepala pelaksana BPBD Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, meluapnya kali lamong, membuat puluhan rumah  penduduk terendam  air  sudah menjadi tradisi setiap  tahunnya,“ ucapnya.

“Sejak 18 tahun lalu kawasan ini sudah menjadi langganan banjir, terutama di  Desa Banyulegi, kerap menjadi langganan saat musim hujan,  sehingga warga tidak kaget dengan adanya kondisi ini, namun warga lainnya khawatir akan adanya  longsor mengingat kawasan ini  dataran tinggi,“ lanjut Zaini.

Baca Juga :   IWO Bartim Harapkan Senergitas Wartawan Dengan Polri Semakin Erat

“Mulai  tadi malam  petugas dari  BPBD Mojokerto, sudah datang di lokasi  ini dan membantu warga untuk mengantisipasi meningkatnya  luapan air kali Lamong, petugas sudah mendirikan tenda pengungsian dan pengaduan serta mengevakuasi warga yang terjebak banjir,“ pungkasnya. (Joko)