IUP PT. FRI Tak Ada Masalah Meski Diatas HGU PT. AGU

oleh -481 views

TEWENEWS, Muara Teweh – PT. Fontana Resources Indonesia (FRI) dituding melakukan penambangan dengan perizinan tumpang tindih. Area lokasi tambang mereka diduga berada diatas hak guna usaha (HGU) PT. Antang Ganda Utama (AGU).

Manager human resources departement (HRD) PT. FRI Agus tidak menampik bahwa izin usaha pertambangan (IUP) mereka tumpang tindih diatas HGU PT. AGU. Namun tidak ada masalah meskipun izinnya tumpang tindih.

Baca Juga :   Satlantas Polres Barito Utara Sampaikan Imbauan dan Patroli Protokol Kesehatan

“Kami sudah clear soal perizinan, pihak Polda Kalteng sudah ngecek kesini. Pihak Dinas Pertambangan juga sudah datang, tidak ada masalah dengan perizinan kami” ungkap Agus, di kantornya, Rabu, (10/10).

Baca Juga :   PT.Pada Idi Diduga Telah Cemari Sungai dan Babat Lahan Milik Warga

Dalam hal itu, Agus juga mengakui bahwa sebelumnya terjadi kontroversi perizinan perusahaan Mereka yang beroperasi di wilayah Kecamatan Teweh Selatan tersebut pada tiga tahun lalu.

“Karena status HGU PT. AGU masih berlaku, IUP kami agak sedikit bermasalah beberapa tahun lalu”, imbuhnya.

Baca Juga :   Warga Protes, Ada Oknum Anggota DPRD Barut Jual Lahan di Desa Karendan ?

Staf manajemen PT. FRI lainnya menegaskan, pihaknya mengurangi kegiatan penambangan karena terkendala surutnya DAS Barito.

“Untuk saat ini kita masih menunggu debit air sungai barito pasang, karena akses kita untuk mengangkut terhambat total”, ujarnya. (Taufik/Tim)