Jalan Kandui Menuju Montallat yang Rusak  akan Diperbaiki Dinas PUPR Barut

oleh -178 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Ruas jalan yang menghubungkan antara ibu kota Kecamatan Gunung Timang Kandui, ke beberapa desa menuju Kecamatan Montallaat, Kabupaten Barito Utara (Barut) mengalami kerusakan parah. Sejumlah titik kerusakan hampir didapati hingga menuju Kelurahan Montallat.

Selain banyaknya titik kerusakan jalan yang berlobang, juga diperparah beberapa jembatan yang berkontruksi kayu ulin juga rusak, bahkan mengalami kemiringan dan penurunan.

Baca Juga :   Antisipasi Kebakaran Hutan Dan Lahan, Ini Yang Dilakukan Aipda Hengky

Kepala Dinas PUPR Barito Utara, M Iman Topik saat meninjau jalan tersebut didampingi Kabid Bina Marga Dedy, mengatakan kerusakaan jalan diakibatkan jalan tidak kuat menahan beban berat, terutama angkutan yang melebihi tonase.

Sering dilalui beban berat, akibatnya selain menimbulkan lobang berkubang lumpur, juga beberapa titik ruas mengalani penurunan, seperti di Kelurahan Montallat. “Dengan kerusakan jalan tersebut, maka jarak waktu tempuh yang biasanya satu jam dari Kandui menuju Kelurahan Montallat akhirnya bisa ditempuh hampir dua jam,” katanya.

Baca Juga :   Demi Memelihara Kamtibmas, Polsek Sukamara Tingkatkan Patroli Malam Secara Rutin,

Menurutnya, pemerintah daerah melalui Dinas PUPR di anggaran tahun 2021 akan mengalokasikan untuk perbaikan jalan tersebut. Terutama disejumlah titik kerusakan di beberapa desa di Kecamatan Gunung Timang menuju Kecamatan Montallat.

Baca Juga :   Kapolres Kotim Melaksanakan Ta’ziyah Kepada Keluarga KRI Nanggala - 402

Namun untuk jalan yang mengalami penurunan di Kelurahan Montallat akan dilakukan perbaikan dengan menggunakan rigit atau cor beton. Penggunaan rigit ini juga sesuai dengan struktur tanah yang mengalami penurunan.

“Dengan adanya sistim rigit jalan lebih bagus karena tidak mudah rusak, apalagi kondisinya sekarang berada didekat rawa,” pungkasnya.

(TWN2/Tim)