Janner Nekat Curi Motor Kawan Sesama Pedagang Poster Guru Sekumpul

oleh -45 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Aksi pencurian sepeda motor di pelataran parkir Penginapan Hikmah Jalan Flores, Kelurahan Melayu, Kecamatan Teweh Tengah, Kaupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, terekam kamera pengintai CCTV.

Yan Thomas asal Banjarmasin Kalimantan Selatan, yang bekerja sebagai  penjual gambar atau poster KH. Muhammad Zaini (Guru Sekumpul_red) di wilayah Barito Utara, menjadi salah satu korban yang motornya dicuri.

Dalam rekaman kamera pengintai CCTV dan keterangan saksi Johan terlihat jelas diduga pelaku pencurian tersebut adalah tersangka Janner Aryanto Manurung alias Jay (39 tahun) beralamat sesuai KTP di Kelurahan Tekad, Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Menurut Kasat Reskim Polres Barito Utara, AKP Kristanto Situmeang mewakili Kapolres AKBP Dostan Matheus Siregar mengatakan, kejadian ini bermula dari adanya laporan Polisi Nomor: LP/126/X/RES1.8/2019/Polda Kalteng/Polres Barut, tanggal 7 Oktober 2019 tentang telah terjadinya tindak pidana pencurian, dengan korban atas nama Yan Thomas, yang peristiwanya diketahui pada hari Senin tanggal 7 Oktober 2019 sekitar pukul 07.00 WIB.

Baca Juga :   Polsek Dusun Timur Berhasil Ungkap Pencurian Yang Meresahkan Warga Tamiang Layang

“Pelaku berhasil kita tangkap pada hari Jumat tanggal 18 Oktober 2019 pukul 15.30 WIB, di Perkebunan Sawit PT. Bumi Hutan Lestari, Desa Mirah Kalanaman, Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan, dengan barang bukti satu sepeda motor merk Yamaha Vixion warna merah merah Nopol KH 3756 VX beserta kunci kontak, satu lembar STNK sepeda motor merk Yamaha Vixion Nopol KH 3756 VX atas nama Zulkahfi, satu lembar SIM C atas nama Yan Thomas, 50 lembar poster bergambar KH. Muhammad Zaini atau Guru Sekumpul,” ujar Kasat kepada wartawan di Muara Teweh, Senin (21/10/2019).

Dia menambahkan, awalnya ketiga orang tersebut menginap di penginapan Hikmah di kamar nomor 19 sejak hari Minggu tanggal 6 Oktober 2019 pukul 19.00 WIB dan pada hari Senin tanggal 7 Oktober 2019 pukul 07.00 WIB, korban Yan Thomas bangun tidur dan melihat tersangka Jay sudah tidak berada di kamar, pada saat korban mau keluar dari kamar, tidak bisa karena kamar dikunci dari luar.

“Setelah pintu kamar berhasil dibuka dengan menggunakan kunci cadangan, korban mengecek sepeda motor milik korban yang sebelumnya diparkir ternyata sudah tidak ada. Kemudian korban mengecek dompet yang sebelumnya disimpan di kasur tempat korban tidur, ternyata SIM C, STNK dan kunci kontak sepeda motor tersebut juga telah hilang,”papar Kristanto.

Baca Juga :   Polsek Parenggean Ungkap Kasus Narkotika

Kemudian, berdasarkan keterangan korban dan saksi Johan serta rekaman CCTV, diduga pelaku pencurian tersebut adalah tersangka Jay. Setelah dilakukan penyelidikan secara intensiv oleh Unit Buser Sat Reskrim Polres Barut, didapat informasi bahwa tersangka memiliki adik kandung yang bekerja di perkebunan kelapa sawit di Desa Mirah Kalanaman, Kabupaten Katingan.

Baca Juga :   Maling Kotak Amal Masjid Al-Huda Semoga Indah I Terekam Kamera CCTV

“Selanjutnya, pada hari Jumat tanggal 18 Oktober 2019 pukul 15.30 WIB, dengan diback up oleh anggota Polsek Katingan Tengah dan Unit Buser Polres Katingan, tersangka Jay berhasil ditangkap,”paparnya.

Menurut Kasat Reskim AKP Kristanto Situmeang, akibat perbuatannya pelaku terancam Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama 5 tahun. Adapun rencana Ttndak lanjut kami akan mendalami dan melakukan pemeriksaan terhadap tersangka untuk mengetahui motif, modus operandi dan jaringan lainnya,
serta melakukan gelar perkara dan koordinasi dengan JPU,” pungkasnya.(Tim)