Jelang HUT RI ke 77 Paskibraka Barito Timur Semengat Lakukan Latihan

oleh -147 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 77, tepatnya pada 17 Agustus 2022 pekan depan, sebanyak 30 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibrakan Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah, semangat mengikuti latihan.

Sekretaris Daerah Bartim, Panahan Moetar, mengatakan bahwa untuk menyambut HUT RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus nanti, Pemerintah sudah menyiapkan Paskibraka.

“Khusus Paskibraka kita sudah mulai membina mendidik mereka untuk persiapan pelaksanaan apel upacara memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77,” ucap Panahan, di Tamiang Layang. Rabu 10 Agustus 2022.

Menurut Panahan sejauh ini Pemkab Bartim sudah melakukan persiapan dan pelatihan akan berakhir nanti pada saat pengukuhan sesuai rencana awal.

“Kalau tidak perubahan itu tanggal 15 kita laksanakan pengukuhan di rumah jabatan Bupati dan dalam pelaksanaan ini mudah-mudahan tidak ada hambatan kendala yang berarti sehingga ini bisa nantinya baik pengibaran maupun penurunan bendera pada tanggal 17 itu bisa berjalan dengan baik,” terangnya.

Terkait pembatasan saat pelaksanaan upacara nantinya, Panahan menyebutkan akan dilihat situasi dan kondisi mendatang

“Nanti kita sambil lihat perkembangan, untuk saat ini karena di kegiatan merayakan kemarin kita laksanakan Expo 20 hari dan saya menilai untuk pasien-pasien yang ada yang terkonfirmasi (Covid-19) itu tidak terlalu signifikan. Jadi artinya untuk sementara dan pada saat itu juga kita galakan booster, makanya tenaga kesehatan depan,” ungkapnya.

Mewakili pemerintah kabupaten Barito Timur, Panahan berharap pada pelaksanaan upacara HUT RI ke-77 dapat berjalan dengan baik.

Sementara, Dantim Pelatih Paskibraka Iptu Susanto Agus Purnomo, SH menjelaskan bahwa Paskibraka akan terus dilatih sampai hari pelaksanaan upacara HUT RI.

“Sebelumnya kita melakukan seleksi sejak bulan Mei, kita melakukan persiapan dengan seleksi ke sekolah-sekolah sampai terjaring 30 untuk Kabupaten dan 4 untuk provinsi,” tutur Susanto.

Dilanjutkan, KBO Samapta Polres Bartim tersebut, dari 30 orang Paskibraka terbagi dari 15 Putra dan 15 Putri. Sedangkan untuk seleksi Paskibraka di provinsi ada 2 orang Putra dan 2orang Putri.

“Untuk provinsi dari sini langsung dikirim ke provinsi mengikuti seleksi dan siap untuk mengikuti pelaksanaan pengibaran bendera,” ungkap Susanto.

Susanto juga meyakinkan bahwa kesiapan dan mental anak-anak Paskibraka sudah tidak diragukan lagi.

“Kebetulan mereka di sekolah sudah dibekali oleh senior-seniornya sebelum ini. Jadi setelah mereka pelajari dan ikut seleksi, mereka sudah punya mental,” bebernya.

Kebih lanjut dikatakan Susanto, sekarang mereka terus berlatih dan mendingan ada perkembangan, dari mulai dari pertama sampai hari sekarang ini.

“Harapan kami bagi pelatih dan panitia, supaya nanti pada waktu kenaikan dan penurunan bendera berhasil dan tidak ada halangan apapun,” pungkasnya. (Ahmad Fahrizali)