Kabupaten Layak Anak, Bupati Tunjuk MAN 1 Jombang Buat Deklarasi dan Ikrar

oleh -159 views

TEWENEWS, Jombang – Kabupaten Jombang telah menunjukkan inovasi di berbagai bidang, diantaranya telah tersusunnya rencana aksi daerah kabupaten layak anak. Dari inovasi ini, Bupati Mundjidah Wahab yang menjadikan Kabupaten Jombang, mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat yakni penghargaan kabupaten layak anak (KLA).

Deklarasi dan ikrar madarasah ramah anak ini sejalan dengan visi misi Kabupaten Jombang dalam menciptakan Kabupaten Layak Anak. Hal ini dikatakan Bupati saat memimpin apel deklarasai madrasah ramah anak di Halaman MAN 1 Jombang, Kamis pagi (24/1) .

“Dari tahun 2013 sampai dengan 2017, penghargaan KLA Kabupaten Jombang berada pada tingkat madya. Dan meningkat menjadi tingkat utama pada tahun 2019. Untuk itu diperlukan upaya-upaya nyata guna meningkatkan komitmen dan program kerja terkait pemenuhan hak anak di Kabupaten Jombang,”tandas Bupati.

Dijelaskan oleh Bupati, Sejak Tahun 2013, Kabupaten Jombang telah menunjukkan inovasi di berbagai bidang diantaranya telah tersusunnya rencana aksi daerah kabupaten layak anak. Dari inovasi ini, Bupati yang menjadikan Kabupaten Jombang mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat yakni penghargaan kabupaten layak anak (KLA).

“Harapan kita semua warga sekolah yaitu guru, tenaga pendidik, komite, siswa, pengelola kantin dan penjaga sekolah dapat bekerja sama untuk mewujudkan sekolah ramah anak ini,”harapan bupati.

Bentuk Dukungan, Bupati Jombang memberikan tanda tangan pada sebuah baliho
Deklarasi yang tertuang dan diucapkan dalam sebuah Ikrar Madrasah Ramah Anak MAN 1 Jombang tersebut, dibacakan secara bersama oleh peserta didik, Orang Tua peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan dan seluruh civitas MAN 1 Jombang yang ditirukan seluruh peserta apel, yakni seluruh pendidik dan peserta didik MAN 1 Jombang.

Erma Rahmawati S.pd Mpdi, Kepala Sekolah MAN 1 Jombang mengatakan, ” deklarasi madarasah ramah anak bertujuan menciptakan ruang bagi anak untuk berpartisipasi terutama dalam perencanaan kebijakan, pembelajaran, pengawasan dan mekanisme pengaduan di lingkungan sekolah sesuai dengan usia dan tingkat kematangan anak, ” terangnya.

Lanjut Erma Kepsek MAN 1 Jombang, ” Sekolah ramah anak sendiri adalah satuan pendidikan yang aman, bersih, sehat dan peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin memenuhi, menghargai hak-hak anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainnya.
Serta mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawasan dan mekanisme pengadaan terkait dengan pemenuhan hak dan perlindungan anak di dunia pendidikan, ” pungkasnya.

Terakhir, Kegiatan ditutup dengan penandatanganan oleh Bupati, Kepala Kemenag, Kepala Dinas PPKB-PPPA dan Kepala MAN 1 Jombang yang diikuti para guru sebagai tanda mendukung deklarasi dan ikrar madrasah ramah anak ini.(Joko)