Kades ini Banyak Melakukan Perubahan di Desanya, Ini Diantaranya ?

118

TEWENEWS, Tamiang Layang– Pemimpin yang bijaksana dan punya pemikiran selalu untuk mensejahterakan masyarakat dan memajukan desa memang sangat didambakan oleh semua orang.

Tak terkecuali masyarakat di Desa Muara Plantau. Desa yang terletak di Kecamatan Pematang Karau Kabupaten Barito Timur.

Masyarakat setempat dinilai sangat beruntung mempunyai pemimpin seperti Haidi. Sosok Haidi sang Kades ditempat itu memang sangat banyak memberikan perubahan terhadap Desa Muara Plantau.

Kepemimpinan dirinya yang dinilai sukses oleh masyarakat memang terbukti. Hal itu bisa dilihat dengan terpilihnya dirinya menjadi kades untuk yang kedua kalinya. Itu menandakan bahwa kepemimpinanya memang sangat memberikan dampak yang positif bagi pembangunan di Desa Muara Plantau.

Kini melalui dana DD dari Pemerintah Pusat. Pemerintah Desa Plantau yang dinahkodai Haidi kembali membangun akses jalan untuk mempermudah aktifitas masyarakat. Baik itu mau ke Kota Tamiang Layang maupun menuju persawahan dan pasar. Karena titian tersebut sangat sentral.

Menurut Haidi, Tahun 2018 ini dana DD difokuskan untuk membangun titian padat karya danau keramat  Desa Muara Plantau dengan panjang 1500 meter dan lebar 2 meter dengan anggaran Rp Satu Miliar Enam Puluh Juta.

“Kita bangun titian karena kebanyakan masyarakat belum pernah menikmati jalan bagus di desa,  tentunya akses jalan yang baik bisa  bermanfaat bagi warga desa ini, terutama untuk memperlancar perputaran perekonomian. Yang jelas kami ingin masyarakat disini dibawah kepemimpinan kami bisa sejahtera dan makmur,” harapnya.

Baca Juga :   Ini Bukti DD dan ADD Mampu Dongkrak Ekonomi Desa di Desa Lampiong Bartim

Dirinya menjelaskan, titian yang berbahan kayu rasak dan balangeran tersebut di bangun dengan cara padat karya atau swakelola. Dimana pengerjaanya dikerjakan oleh warga setempat.

Dengan demikian, selain merasakan manfaat pembangunanya nanti, warga juga dapat pekerjaan tambahan dengan adanya proyek titian keramat tersebut.

Dirinya menuturkan, saat ini pembangunan titian danau keramat tersebut sudah mencapai 40 persen.

Dirinya berharap pembangunan titian tersebut bisa selesai tepat waktu. Sehingga cepat pula difungsikan masyarakat.

“Kita targetkan tahun 2018 pembangunan titian danau keramat sudah selesai. Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang mau kepasar maupun kesawah melintasi titian yang dahulu yang hampir tidak layak dilintasi lagi karena banyak lobang akibat termakan usia,” harap lelaki yang hobi main badminton itu.

Terpisah, salah satu warga desa ditempat itu, mengaku salut dengan terobosan yang dilaksanakan kades yang didukung perangkat desanya.

“Saya setuju dengan terobosan pembangunan yang dilakukan kades dan perangkatnya untuk kemakmuran masyarakat disini. Tak hanya masyarakat kami yang senang. para pedagang dari luar pun ikut terbantu dengan adanya titian tersebut,” tutur Hendry yang mengaku bangga mempunyai pemimpin seperti Haidi. (Budi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here