Kades Patung Harapkan DD Dan ADD Segera Dicairkan

oleh -30 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Kepala Desa Patung Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur Kalteng, Kristinus mempertanyakan kenapa Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap I tahun 2019 belum ada kabar pencairanya.

“Ini sudah bulan lima, namun sampai saat ini belum juga ada kabar DD maupun ADD cair,” kata Kristinus saat dibincangi dikantornya, Sabtu (18/5/2019).

Menurutnya, biasanya kalau sudah bulan Mei DD dan ADD untuk tahap satu sudah cair. Namun sampai saat ini belum ada kabarnya.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 di Bartim Bertambah, Satu Pasien Meninggal Dunia

Padahal, lanjut kades, pihaknya sudah melengkapi semua persyaratan yang sudah ditentukan oleh DPMD.

“Semua persyaratan sudah kita lengkapi. SPJ tahun 2018 sudah selesai semua. Jadi apa kendala pemerintah saat ini sehingga belum bisa mencairkan dana tersebut,” ucapnya.

Kristinus mengaku dengan molornya DD dan ADD dicairkan sangat berdampak pada pembangunan didesa maupun pelayanan pemerintahan.

Baca Juga :   Tes CPNS Bartim Tahun 2020 Digelar di SMN 1 Tamiang Layang

“Kalau dana tersebut terlambat cair maka pasti sangat berdampak pada pengerjaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.
Contohnya seperti kalau kertas habis, cintah habis, pulsa listrik habis, pasti mau tidak mau kita ngutang dulu yang penting pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan,” jelasnya.

Namun kalau kita terus terusan ngutang, yang jualan pasti jengkel karena mereka kan mau membeli lagi bahanya untuk dijual kembali.

Baca Juga :   Dua SMPN di Bartim Laksanakan UNBK di SMAN 1 Dusun Tengah

Maka dari itu, saya selaku Kepala Desa Patung meminta dan berharap DD dan ADD tahap I bisa secepatnya dicairkan.” Saya sangat berharap DD dan ADD cepat cair,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Kadis DPMD Barnusa saat wartawan mencoba mengonfirmasinya kekantor, yang bersangkutan tidak berada ditempat.” Bapaknya tidak ada mas dikantor, mungkin lagi di Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu. Beliau kan jadi Kadis disana,” ucapnya.(TWN5)