Kades Sibung Apresiasi Distanaktan dalam Upaya Mewujudkan Ketahanan Pangan

oleh -55 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Kepala Desa Sibung, Kecamatan Raren Batuah, Kabupaten Barito Timur, Kalteng, Reholelu sangat gembira dan memberikan apresiasi yang setinggi tingginya terhadap Distanakan Bartim, dalam upaya Mewujudkan Ketahanan Pangan di Kabupaten Bartim.

Menurutnya, pembangunan disektor Pertanian di Kabupaten Bartim, memiliki peranan yang sangat penting dan sangat strategis dalam memajukan Perekonomian Pertanian, bukan hanya berperan menyediakan bahan pangan, tetapi juga menjadi penopang keberhasilan pengentasan kemiskinan, dan menjadi lahan tersedianya lapangan kerja dan sumber pendapatan sebagian masyarakat.

“Saya sangat apresiasi kepada Distanakan Bartim, yang selalu memberikan  perhatian khusus dan sungguh-sungguh dalam pembangunan disektor pertanian. Hal itu bisa dilihat dari PPL sering memberikan penyululuhan, Bantuan sarana dan prasarana seperti pupuk, mesin Alsintan,mesin pompa air, bibit dan tractor serta banyak lagi yang lainya. Itu diberikan kepada para petani melalui kelompok tani disini,” ujar Pambakal Sibung Reholelu, Sabtu, (19/1/2019).

Menurutnya, keberhasilan para petani di Desanya mustahil dapat terwujud tanpa adanya perhatian dari pemerintah kepada para petani khususnya di Desa Sibung. Untuk itu Pemerintah Daerah melalui Distanakan diharapkan agar menerapkan berbagai kebijakan dan akan selalu berpihak kepada para petani.

“Antara lain dengan pemberian subsidi pupuk, benih dan peralatan pertanian dan memfasilitasi pembangunan dan pengembangan jaringan irigasi serta fasilitas tekhnologi Pertanian,” jelasnya.

Ditambahkanya Desa Sibung, saat ini sudah mempunyai empat kelompok tani. Dan semua kelompok tani disini selalu aktif dalam membantu pemerintah meningkatan ketahanan pangan.

“Para petani yang tergabung dalam kelompok tani maupun yang belum di Desa Sibung sangat bersemangat dan aktif dalam mengembangkan perkebunan maupun pertanian karena perhatian dari Distanakan Bartim, melalui PPLnya selalu memberikan ilmunya dengan cara penyuluhan dan sosialiasi kepada para petani kami,” pungkasnya.(TWN5)