Hubungi Kami

BARITO TIMUR

Kades Sumber Garungung Harapkan Aparat Penegak Hukum Tertibkan Penambang Ilegal Diwilayahnya

Published

on

TEWENEWS, Tamiang Layang – Kepala Desa Sumber Garunggung Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur, Kalteng Supardi mengharapkan kepada pemerintah dan pihak kepolisian agar selalu mengawasi aktifitas penambang Batu Bara yang ada didesanya.

Menurutnya, beberapa perusahaan batu bara yang beroprasi didesanya tersebut sebagian diduga ilegal dan tidak mempunyai izin dari pemerintah sehingga merugikan berbagai pihak dan yang pasti masyarakat Desa Sumber Garunggung.

“Saya harap kepada pemerintah atau aparat penegak hukum agar penambang batu bara yang beroprasi di Desa kami segera dicek izinnya apakah legal atau ilegal. Jangan hanya mencari untung saja asal keruk batu bara tapi tidak ada CSR atau PADnya kepada Desa Sumber Garunggung,” ujar Supardi.

Bahkan yang lebih parahnya lagi lanjut Kades, beberapa perusahaan tambang batu bara tersebut tidak pernah melakukan sosialisasi dan melapor kepada pemerintah desa keberadaan maupun aktifitasnya.

Menurutnya, kalau perusahaan yang benar – benar ada itekad baik kepada dirinya maupun masyarakat, perusahaan tersebut pasti datang kepada saya untuk melaporkan bahwa ada aktifitas penambangan.

Namun sampai saat ini dan sudah banyak batu bara yang dikeruk di Desa Sumber Garunggung, perusahaan tersebut tidak pernah datang kepada saya untuk melaporkan aktifitasnya.

“Kalau seperti ini sama saja tidak menghormati saya sebagai kades disini. Seenaknya saja melakukan aktifitas penambangan. Tapi kuntribusi untuk masyarakat Desa Sumber Garunggung tidak ada. Malahan dampak akibat tambang tersebut sungai diduga menjadi tercemar karena menambang tidak sesuai SOP,” timpalnya.

Baca Juga :   Pelaku Penyebar Video Panas Jadi DPO, Kedua Keluarga Sepakat Berdamai  

Dirinya menambahkan, kalau masih dibiarkan aktifitas penambangan tersebut tanpa ada kuntribusinya lebih baik dibubarkan atau ditertibkan saja. Jangan sampai akibat penambang nakal atau ilegal merusak lingkungan.

Selain itu, lanjut kades, aktifitas para karyawan tambang tersebut sering lalu lalang melintas meggunakan mobil strada di jalan desa Sumber Garunggung tanpa ada permisi kepada dirinya maupun masyarkat. Seharusnya jelas kades, perusahaan tersebut harus menggunakan jalan pribadi miliknya bukan se enaknya melintas dijalan desa tanpa ada permisi sama sekali.

“Saya harap pemerintah atau pun aparat penegak hukum yang punya kewenangan terkait penambangan tersebut agar kiranya agar turun kelapangan untuk mencek izin dan aktifitas penambangan tersebut. Apakah benar ada izinya ataukah hanya penambang ilegal nakal yang hanya untuk mencari untung sepihak atau kelompok tanpa memikirkan dampak akibat aktifitas penambangan tersebut. Tertibkanlah penambang disini wahai pemerintah dan aparat penegak hukum. Kalau terus dibiarkan seperti ini bisa terjadi konflik dikemudian hari,” pungkasnya.

Dirinya memaparkan, Pertambangan yang legal adalah kegiatan pertambangan yang mempunyai izin dari pemerintah serta memiliki sertifikat clean and clear (CNC) dan telah melaksanakan good mining practices. Sementara yang ilegal tidak mempunyai izin dari pemerintah.

Oleh karena itu, saya meminta aparat kepolisian untuk segera menindak tegas para pelaku kegiatan pertambangan ilegal diwilayah Desa Sumber Garunggung sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

“Pemerintah harus tegas mengawasi dan memberikan sanksi kepada pelaku usaha pertambangan yang tidak melaksanakan kaidah-kaidah good mining practices dalam operasi penambangannya,”pungkasnya.(TWN5)

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian